Bongkar Rahasia Optimasi Adsense Agar CPC Tinggi

Daftar Isi [Tampil]

Bongkar Rahasia Optimasi Adsense Agar CPC Tinggi- Pada pembahasan kali ini,kita akan belajar bersama tentang cara optimasi adsense agar CPC tinggi untuk blog lokal indonesia khususnya. 

Sebetulnya banyak studi kasus yang membahas ini,salah satu studi yang pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya adalah defer script adsense sebagai solusi meningkatkan penghasilan adsense

Mengapa saya memilih pembahasan tentang cara optimasi adsense ? Karena ketika saya melihat di forum grup blogger,disana banyak sekali keluh kesah seputar dunia blogging. Salah satunya adalah CPC kecil untuk takaran blog lokal indonesia. 


Sebetulnya ada beberapa hal yang bisa kita optimasi untuk meningkatkan penghasilan google adsense. Namun hal yang harus diperhatikan adalah 

"bagaimana cara anda mengelolah dan optimasi jenis iklan google adsense"  


Disini saya cukup banyak melihat kesalahan yang dilakukan oleh para teman-teman blogger khususnya. Kesalahan paling wajar dan bisa di maklumi adalah mencari daftar hpk adsense 2021 tetapi tidak tahu cara mengelolahnya. 


Bagaimana cara memilih hpk adsense 2021 ? 

Cara yang paling mudah dilakukan oleh pemula adalah dengan cara sebagai berikut ; 

  1. Gunakan Tools
  2. Salin Semua Keyword Yang Mengandung HPK
  3. Masuk Pada Tools Spyfu.com
  4. Tempelkan Daftar HPK adsense 2021
  5. Lihat dan Pilih Keyword Terbaik Pilihan Anda


Cara Optimasi Adsense CPC Tinggi 


1.Keyword Terbaik Pilihan

Setelah melakukan sebuah riset keyword yang memiliki CPC Tinggi,maka tahap selanjutnya adalah segera menulis dan kumpulkan data-data sesuai topik yang sudah kalian pilih sebelumnya.

2. Gunakan Iklan Floating (floating adsense)

Cara ini banyak di pakai oleh web-web besar yang memiliki visitor melimpah,sehingga bisa meningkatkan jumlah klik. 

Namun berhati-hatilah dalam menggunakan iklan floating adsense,karena ada ukuran rekomendasi. Jangan sampai nanti adsense kamu kena banned ya :D


3.Meningkatkan Nilai Inventaris Iklan 

Semakin banyak iklan yang tampil pada halaman yang tidak sebanding dengan jumlah klik iklan dapat menyebabkan menurunnya CTR iklan. Meningkatkan Nilai inventaris iklan sama halnya dengan meningkatkan nilai CPC (Cost per Click). 

Beberapa hal yang mempengaruhi dampak CPC :

  1. Waktu kunjungan
  2. Sumber lalu lintas
  3. Niche yang Dipilih
  4. Lokasi Pengguna
  5. Jenis iklan yang tampil
  6. Ukuran iklan
  7. Jumlah iklan per halaman

Kamu harus pintar dalam meningkatkan CPC ads kamu, Kamu bisa mengetahui tingkat CPC kamu saat melakukan riset keyword. Saat riset kamu bisa melihat metrik CPC, Semakin tinggi CPC semakin baik, Walaupun persaingannya sangat tinggi

4.Meningkatkan Ukuran / Lokasi Iklan


Di poin sebelumnya sudah dijelaskan jika ukuran iklan mempengaruhi CPC, Pastikan kamu menempatkan iklan Adsense di sekitar konten dan di atas flip. Iklan yang berada di atas jauh lebih baik daripada iklan di bawah, Karena pengunjung bisa saja melihat bagian atas saja.

Kamu dapat memadukan iklan dengan desain situs kamu. Kamu bisa memanfaatkan plugin heatmap AdSense untuk mengetahui apa saja yang dilakukan pengunjung di website kamu. 

Nah berikut ini rekomendasi ukuran Iklan Adsense yang paling berhasil:

  • 336px * 280px (Kotak Besar)
  • 300px * 250px
  • 728px * 90px
  • 160px * 600px

5.Traffic Source dan Location

Sama halnya dengan Ukuran iklan, Sumber dan lokasi trafik mempengaruhi iklan, Jika kamu menargetkan audiens indonesia maka CPC-nya tentu kecil. Banyak orang mengeluh tentang CPC dan penghasilan Adsense rendah meskipun memiliki trafik yang besar.

Sebagian besar hal tersebut disebabkan oleh CPC dan Traffic Source. Mulai saat ini kamu mulai berusaha menargetkan Traffic Source dari negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris yang memungkinkan kamu mendapatkan CPC tinggi.

CPC amerika bisa mencapai 10x lipat lebih CPC indonesia, Jika dibandingkan perbedaan CPC indonesia dan amerika sangat tinggi. Maka dari itu kamu harus mulai merubah target audience kamu jika ingin meningkatkan pendapatan adsense.

6.Gunakan Ezoic (Optimasi Adsense Otomatis)

Salah satu cara untuk meningkatkan penghasilan adsense yaitu dengan memanfaatkan sebuah tools optimasi seperti Ezoic. Ezoic merupakan tools gratis yang tersedia untuk semua blogger yang memiliki lebih dari 20.000 tampilan halaman per bulan. 

Layanan atau tools ini secara otomatis akan bereksperimen dengan Iklan untuk mengoptimalkan user experience,tidak hanya membuat pembaca senang tetapi membantu kamu mendapatkan lebih banyak uang. 

Sayangnya, Ezoic hanya berlaku untuk website dengan 20.000 lebih tampilan halaman per bulan. Jika kurang dari itu , Maka kamu tidak bisa menggunakannya, Sehingga kamu harus menggunakan versi manual untuk optimasi AdSense. Dan yang perlu kamu ingat, Penempatan iklan dan ukuran iklan adalah dua aspek penting dalam meningkatkan pendapatan AdSense. 

7.Tempatkan Iklan Diantara Postingan

Untuk meningkatkan pendapatan Adsense, Kamu dapat mengkonfigurasi iklan Adsense agar sesuai dengan latar belakang dan warna halaman yang kamu gunakan. Kamu dapat menambahkan iklan gambar atau iklan tautan teks di antara postingan dengan ukuran iklan 468 * 60. 

Semakin panjang konten yang dibuat, Maka semakin banyak juga iklan yang bisa kamu pasang di antara postingan. Namun, Jangan berlebihan dalam menempatkan iklan karena dapat mempengaruhi CPC dan CTR.

8.Blacklist Iklan dengan CPC Kecil

Tidak sedikit pengiklan yang membayar sangat sedikit untuk per klik. Biasanya iklan yang bersifat spam atau memiliki citra yang buruk. Kamu dapat memblokir URL pengiklan yang menurut kamu memiliki CPC yang kecil.

Kamu bisa menuju akun Google adsense kamu, Dan memanfaatkan fitur Blacklist iklan untuk melarang iklan agar tidak ditampilkan pada website kamu. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk meningkatkan pendapatan kamu sekitar 10%.  Kamu juga dapat memblokir iklan kompetitor kamu agar tidak ditampilkan di website kamu.

Itulah sedikit informasi mengenai cara meningkatkan jumlah klik dan pendapatan google adsense dengan mudah. Kamu juga dapat melakukan eksperimen sendiri untuk melihat apa saja yang mempengaruhi penghasilan google adsense kamu.

Source 3-8 ; https://www.jagoanhosting.com/blog/meningkatkan-pendapatan-google-adsense/


Cara Meningkatkan Klik Iklan Adsense

  1. Iklan Home Page (Banner besar)
  2. Iklan Sidebar (Cukup 2 iklan display)
  3. Iklan Footer (banner besar)
  4. Iklan In-Feed (rekomendasi 3 slot)
  5. Iklan Artikel ( atur manual 3 slot,selebihnya biarkan auto ads)
  6. Iklan Floating Adsense (Tidak direkomendasikan full display)
  7. Iklan Related Post ( gunakan 3 slot)

Seperti yang sudah dibahas pada langkah no.6 ,kita dituntut pandai memodifikasi berbagai letak penempatan iklan agar mendapatkan banyak klik. Saya ingatkan sekali kali lagi,jika anda menggunakan floating adsense sebagai optimasi meningkatkan klik adsense,maka saya merekomendasikan kalian untuk melakukan perubahan ukuran iklan floating adsense. 

Karena jika kita menggunakan ukuran iklan full display,maka resiko akun adsense dibanned akan lebih tinggi. 

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
1 Komentar : Pejalan Wisata
  • Dendi mukrobun
    Dendi mukrobun 12:06 AM WIB

    Terimakasih telah menerbitkan postingan yang sangat bermanfaat ini, teritama bagi saya yang sangat awam tentang google adsense.

Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
adsense,Belajar Seo,Tips And Trick,Tutorial