Cara Membuat CSE AdSense (Search Engine Custom) Di Blog Mudah

 Cara membuat cse (custom search engine) di blog mudah- Pernahkah kalian melihat blog yang memiliki pencarian artikel terkait ? Jika pernah,maka kalian akan bertanya tanya kok bisa ya pencarian di blog kok yang nampil cuma artikel dia doang ? Beda sama pencarian di google yang menghasilkan jutaan situs hanya dengan satu keyword !! 



Mungkin bagi kalian hal tersebut terlihat aneh tapi terkesan keren dan bermanfaat karena hanya menampilkan isi blog kita sendiri di dalam penelusuran google. 

Baiklah jika kalian belum paham,maka saya akan sedikit menjelaskan apa itu cse (custom search engine) ?? 


Custom search engine (CSE) adalah sebuah mesin telusur khusus yang telah di atur hanya untuk menampilkan hasil pencarian artikel blog kita sendiri. Custome search engine bermanfaat untuk meminimalisir bounce rate blog sekaligus bisa meningkatkan penghasilan google adsense. 

Lah kok bisa sih custome search engine menurunkan bounce rate ?? Bagaimana caranya !!! 

Apa manfaat custom search engine adsense ?? 

1. Menurunkan Bounce Rate

Cara search engine custom menurunkan bounce rate blog kita adalah dengan cara menampilkan artikel terkait. Hampir sama dengan related post ( iklan terkait bawaan template) tetapi yang membedakan adalah penulusuran di blog kita sama seperti penulusuran google. Dan untuk customnya adalah hanya artikel blog kita saja yang muncul ketika visitor mencari sesuatu di blog kita. 

2. Meningkatkan Penghasilan Adsense

Bagaimana bisa custom search engine bisa meningkatkan penghasilan adsense ?? Jawabannya tentu saja bisa. 
Karena pada dasarnya search engine custom ini sudah di sediakan oleh adsense.
Jadi cara kerja search engine untuk meningkatkan penghasilan adsense adalah dengan menampilkan semua iklan yang ada di google. Dan ketika visitor meng-klik iklan hasil penelusuran custome search engine,maka kita akan mendapatkan bayaran dari google adsense. Jadi begitulah cara custom search engine meningkatkan penghasilan adsense kita. 

Apa kekurangan dan kelebihan custom search engine ?

  • Kekurangan Custom Search Engine
Menurut saya pribadi kekurangan CSE (custom search engine) adalah jarang sekali visitor mencari sebuah artikel pada kolom pencarian blog. Hal ini menjadi alasan mengapa custom search engine jarang yang memakai. 
Visitor mencari sebuah artikel dari kebiasaan,yaitu mencari lewat mesin penelusuran google (google.com) sebagai alat telusur utama untuk mencari informasi.

  • Kelebihan custom search engine
Untuk kelebihan dari custom search engine sendiri sebetulnya membuat visitor lebih mudah mencari informasi lainnya karena tidak perlu keluar situs untuk mencarinya. Custom search engine sendiri sudah menyiapkan hasil penelusuran terbaik dari hasil pencarian lewat custom search engine.
Selain memudahkan visitor dalam mencari informasi,custom search engine juga menguntungkan blog. Karena jika visitor mencari sesuatu melalui blog kita,maka kita akan di untungkan oleh naiknya pendapatan adsense dan juga menurunnya bounce rate. Sehingga blog kita akan terlihat lebih sehat dan pantas menjadi mitra google adsense. 

Cara Membuat Custom Search Engine Adsense Di Blog


1. Langkah pertama silahkan kalian buka dashboard adsense masing masing

2. Pilih iklan > menurut unit iklan > mesin telusur


3. Masukkan nama iklan (bebas)


4. Hanya situs yang saya pilih > alamat blog > simpan

5. Copy code simpan di notepad

Cara memasang custom search engine pada blogspot


Untuk cara pemasangan cukup mudah,kita tidak perlu mendaftarkan blog kita pada cse.google.com . Karena dari pihak adsense sudah menyediakan fitur ini secara otomatis bagi pubhliser google adsense. 
Jadi kita hanya membutuhkan script code hasil di awal tadi yang sudah kita simpan ke notepad. 
Karena jika anda menggunakan tutorial cara memasang search engine custom di blog,maka agak sedikit rumit karena harus mendaftarkan blog ke cse dan memasang kode css terlebih dahulu agar script berfungsi. 

Namun pada tutorial di reangbloge.my.id kita ambil jalan yang paling mudah untuk pasang custom search engine pada blog tetapi sangat work meskipun tanpa daftar ke cse.google.com dan pasang css di blog. 

Cara pasang kode cse (custom search engine) pada blog

1. Back up template untuk mengantisipasi kegagalan

2. Buka dashboard blogger

3. Pilih tema > Edit HTML

4. Cari kode > <body> 

5. Tempel tepat dibawah kode <body> 

6. Simpan template

Jik berhasil maka hasilnya kan seperti gambar dibawah ini



Atau kalian juga bisa mencoba sendiri dengan melakukan pencarian di blog reangbloge.my.id 

Buat Komentar

Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Bertanggung Jawab

Lebih baru Lebih lama
close