Cara Riset Kata Kunci untuk Strategi SEO 2021

Cara Riset Kata Kunci untuk Strategi SEO 2021

Konten [Tampil]

 Bagaimana Cara Melakukan Riset Kata Kunci untuk SEO | Sementara Google membuat kami tetap waspada dengan semua pembaruan algoritme yang terus mereka luncurkan, satu hal tetap cukup konsisten untuk pemasar masuk yang ingin mengoptimalkan situs web mereka untuk pencarian: penelitian kata kunci.



Nah, kebutuhan untuk melakukan penelitian kata kunci tetap sama. Bagaimana Anda sebenarnya melakukannya belum.


Apa Itu Riset Kata Kunci untuk SEO ?

Riset kata kunci adalah proses menemukan dan menganalisis istilah penelusuran yang dimasukkan orang ke mesin telusur dengan tujuan menggunakan data tersebut untuk tujuan tertentu, sering kali untuk pengoptimalan mesin telusur (SEO) atau pemasaran umum. 


Riset kata kunci dapat mengungkap kueri yang akan ditargetkan, popularitas kueri ini, kesulitan peringkatnya, dan banyak lagi.


Mengapa Riset Kata Kunci Penting?

Riset kata kunci memberikan wawasan berharga tentang kueri yang sebenarnya dicari oleh audiens target Anda di Google. Pemahaman yang Anda dapatkan tentang istilah pencarian aktual ini dapat membantu menginformasikan strategi konten serta strategi pemasaran Anda yang lebih besar. 


Namun, kata kunci itu sendiri mungkin tidak sepenting SEO seperti yang Anda pikirkan.


Semakin banyak, kami mendengar betapa SEO telah berkembang hanya dalam 10 tahun terakhir, dan bagaimana kata kunci yang tidak penting itu sendiri telah menjadi kemampuan kami untuk mendapatkan peringkat yang baik untuk pencarian yang dilakukan orang setiap hari.


Dan sampai batas tertentu, ini benar; menggunakan kata kunci yang sama persis dengan pencarian seseorang tidak lagi menjadi faktor peringkat terpenting di mata seorang profesional SEO. 


Sebaliknya, ini adalah maksud di balik kata kunci itu, dan apakah suatu konten menyelesaikan maksud tersebut atau tidak (kita akan berbicara lebih banyak tentang maksud sebentar lagi).


Tetapi itu tidak berarti penelitian kata kunci adalah proses yang ketinggalan jaman. Izinkan saya menjelaskan:


Riset kata kunci memberi tahu Anda topik apa yang menjadi perhatian orang dan, dengan asumsi Anda menggunakan alat SEO yang tepat , seberapa populer topik tersebut sebenarnya di antara audiens Anda. 


Istilah operatif di sini adalah topik - dengan meneliti kata kunci yang mendapatkan volume pencarian tinggi per bulan, Anda dapat mengidentifikasi dan mengurutkan konten Anda ke dalam topik yang Anda inginkan untuk membuat konten. 


Kemudian, Anda dapat menggunakan topik ini untuk menentukan kata kunci yang Anda cari dan targetkan.


Dengan meneliti kata kunci untuk popularitas, volume pencarian, dan maksud umumnya, Anda dapat menjawab pertanyaan yang paling ingin dijawab oleh sebagian besar audiens Anda.


Bagaimana Cara Riset Kata Kunci untuk Strategi SEO Anda

Saya akan menjabarkan proses penelitian kata kunci yang dapat Anda ikuti untuk membantu Anda membuat daftar istilah yang harus Anda targetkan. 


Dengan begitu, Anda akan dapat membuat dan menjalankan strategi kata kunci yang kuat yang membantu Anda ditemukan untuk istilah penelusuran yang benar-benar Anda minati.


Langkah 1: Buat daftar topik penting dan relevan berdasarkan apa yang Anda ketahui tentang bisnis Anda.

Untuk memulai proses ini, pikirkan tentang topik yang ingin Anda rangking dalam istilah keranjang umum. Anda akan menemukan sekitar 5-10 kelompok topik yang menurut Anda penting untuk bisnis Anda, dan kemudian Anda akan menggunakan kelompok topik tersebut untuk membantu menghasilkan beberapa kata kunci tertentu di kemudian hari dalam prosesnya.


Jika Anda seorang blogger biasa, ini mungkin topik yang paling sering Anda blogi. Atau mungkin itu adalah topik yang paling sering muncul dalam percakapan penjualan. 


Tempatkan diri Anda pada posisi sebagai pembeli persona Anda - jenis topik apa yang akan dicari oleh target audiens Anda yang Anda inginkan agar bisnis Anda ditemukan? 


Jika Anda adalah perusahaan seperti HubSpot, misalnya - menjual perangkat lunak pemasaran (yang kebetulan memiliki beberapa alat SEO yang luar biasa ... tapi saya ngelantur), Anda mungkin memiliki kelompok topik umum seperti:


  • "pemasaran masuk" (21K)
  • "ngeblog" (19K)
  • "pemasaran email" (30K)
  • "generasi memimpin" (17K)
  • "SEO" (214K)
  • "pemasaran media sosial" (71K)
  • "analisis pemasaran" (6,2K)
  • "otomatisasi pemasaran" (8.5K)

Lihat angka-angka itu dalam tanda kurung di sebelah kanan setiap kata kunci? Itu volume pencarian bulanan mereka . 

Data ini memungkinkan Anda untuk mengukur seberapa penting topik ini bagi audiens Anda, dan berapa banyak subtopik berbeda yang mungkin Anda perlukan untuk membuat konten agar berhasil dengan kata kunci tersebut. 

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang subtopik ini, kami melanjutkan ke langkah 2 ...

Langkah 2: Isi kelompok topik tersebut dengan kata kunci.


Sekarang setelah Anda memiliki beberapa kelompok topik yang ingin Anda fokuskan, sekarang saatnya mengidentifikasi beberapa kata kunci yang termasuk dalam kelompok tersebut. 

Ini adalah frasa kata kunci yang menurut Anda penting untuk diberi peringkat di SERP (halaman hasil mesin pencari) karena target pelanggan Anda mungkin melakukan pencarian untuk istilah spesifik tersebut.

Misalnya, jika saya mengambil keranjang topik terakhir itu untuk perusahaan perangkat lunak pemasaran masuk - "otomatisasi pemasaran" - saya akan bertukar pikiran tentang beberapa frasa kata kunci yang menurut saya akan diketik orang terkait dengan topik tersebut. Itu mungkin termasuk:

  • alat otomasi pemasaran
  • cara menggunakan perangkat lunak otomasi pemasaran
  • apa itu otomasi pemasaran?
  • bagaimana cara mengetahui apakah saya memerlukan perangkat lunak otomatisasi pemasaran
  • memimpin pengasuhan
  • otomatisasi pemasaran email
  • alat otomatisasi teratas

Dan seterusnya dan seterusnya. Inti dari langkah ini bukanlah untuk menghasilkan daftar akhir frasa kata kunci Anda.


 Anda hanya ingin berakhir dengan tumpukan frasa yang menurut Anda mungkin digunakan oleh calon pelanggan untuk mencari konten yang terkait dengan kelompok topik tertentu tersebut. Kami akan mempersempit daftar nanti dalam prosesnya sehingga Anda tidak memiliki sesuatu yang terlalu berat. 


Meskipun semakin banyak kata kunci yang dienkripsi oleh Google.com setiap hari, cara cerdas lain untuk menghasilkan ide kata kunci adalah dengan mencari tahu kata kunci mana yang sudah ditemukan situs web Anda . 


Untuk melakukan ini, Anda memerlukan perangkat lunak analisis situs web seperti Google Analytics atau laporan Sumber HubSpot, tersedia di alat Analisis Lalu Lintas . Sibak sumber lalu lintas situs web Anda, dan saring melalui keranjang lalu lintas penelusuran organik Anda untuk mengidentifikasi kata kunci yang digunakan orang untuk tiba di situs Anda.


Ulangi latihan ini untuk sebanyak mungkin kelompok topik yang Anda miliki. Dan ingat, jika Anda kesulitan menemukan istilah penelusuran yang relevan, Anda selalu dapat menghubungi kolega Anda yang berhubungan dengan pelanggan - mereka yang berada di Penjualan atau Layanan - dan menanyakan kepada mereka jenis istilah apa yang prospek dan pelanggan mereka lakukan. 


gunakan, atau pertanyaan umum yang mereka miliki. Itu sering kali merupakan titik awal yang bagus untuk penelitian kata kunci.


Langkah 3: Pahami Bagaimana Maksud Mempengaruhi Riset Kata Kunci dan Analisis yang Sesuai.

Seperti yang saya katakan di bagian sebelumnya, niat pengguna sekarang menjadi salah satu faktor terpenting dalam kemampuan Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin telusur seperti Google. 


Saat ini, lebih penting bahwa halaman web Anda membahas masalah yang ingin diselesaikan oleh pencari daripada hanya membawa kata kunci yang digunakan pencari. Jadi, bagaimana hal ini memengaruhi penelitian kata kunci yang Anda lakukan?


Sangat mudah untuk mengambil kata kunci sebagai nilai nominal, dan sayangnya, kata kunci dapat memiliki banyak arti berbeda di bawah permukaan. 


Karena maksud di balik pencarian sangat penting untuk potensi peringkat Anda, Anda harus sangat berhati-hati dalam menafsirkan kata kunci yang Anda targetkan.


Misalnya, Anda meneliti kata kunci "cara memulai blog" untuk artikel yang ingin Anda buat. "Blog" dapat berarti posting blog atau situs blog itu sendiri, dan maksud pencari di balik kata kunci tersebut akan memengaruhi arah artikel Anda. 


Apakah pencari ingin mempelajari cara memulai posting blog individu? Atau apakah mereka ingin tahu cara meluncurkan domain situs web untuk tujuan blogging? Jika strategi konten Anda hanya menargetkan orang-orang yang tertarik dengan yang terakhir, Anda harus memastikan maksud kata kunci sebelum melakukannya.


Untuk memverifikasi apa maksud pengguna dalam kata kunci, sebaiknya masukkan sendiri kata kunci ini ke mesin pencari, dan lihat jenis hasil yang muncul. Pastikan jenis konten Google berkaitan erat dengan apa yang ingin Anda buat untuk kata kunci.


Langkah 4: Teliti istilah pencarian terkait.

Ini adalah langkah kreatif yang mungkin sudah Anda pikirkan saat melakukan penelitian kata kunci. Jika tidak, ini cara yang bagus untuk mengisi daftar tersebut.



Jika Anda kesulitan memikirkan lebih banyak kata kunci yang mungkin ditelusuri orang tentang topik tertentu, lihat istilah penelusuran terkait yang muncul saat Anda memasukkan kata kunci ke Google. 


Saat Anda mengetik frasa Anda dan menggulir ke bawah hasil Google, Anda akan melihat beberapa saran untuk pencarian yang terkait dengan masukan asli Anda. Kata kunci ini dapat memicu ide untuk kata kunci lain yang mungkin ingin Anda pertimbangkan.


Mau bonus? Ketik beberapa dari mereka istilah pencarian terkait dan melihat mereka istilah pencarian terkait.


Langkah 5: Gunakan alat penelitian kata kunci untuk keuntungan Anda. 

Kata Kunci penelitian dan SEO alat seperti Ahrefs , SEMRush , dan Ubersuggest dapat membantu Anda datang dengan gagasan kata kunci berdasarkan kata kunci pencocokan tepat dan kata kunci pencocokan frasa berdasarkan ide Anda telah dihasilkan sampai saat ini. 


Latihan ini mungkin memberi Anda alternatif yang mungkin belum Anda pertimbangkan.


Cara Menemukan dan Memilih Kata Kunci untuk Situs Web Anda

Setelah Anda memiliki gagasan tentang kata kunci yang ingin Anda rangking, sekarang saatnya untuk menyempurnakan daftar Anda berdasarkan yang terbaik untuk strategi Anda. Begini caranya: 


Langkah 1. Pahami tiga faktor utama untuk memilih kata kunci yang baik.

Sebelum memilih kata kunci dan mengharapkan konten Anda mendapat peringkat untuk mereka, Anda harus mengkurasi kata kunci untuk tiga hal: 


1. Relevansi

Google memberi peringkat konten untuk relevansi. Di sinilah konsep maksud pencarian masuk. Konten Anda hanya akan diberi peringkat untuk kata kunci jika memenuhi kebutuhan pencari. 


Selain itu, konten Anda harus menjadi sumber daya terbaik di luar sana untuk kueri. Lagi pula, mengapa Google memberi peringkat konten Anda lebih tinggi jika memberikan nilai lebih rendah daripada konten lain yang ada di web?


2. Otoritas

Google akan memberikan bobot lebih pada sumber yang dianggapnya otoritatif. Itu berarti Anda harus melakukan semua yang Anda bisa untuk menjadi sumber otoritatif dengan memperkaya situs Anda dengan konten informasi yang bermanfaat dan mempromosikan konten tersebut untuk mendapatkan sinyal sosial dan tautan balik. 


Jika Anda tidak terlihat berwibawa di ruang, atau jika SERP kata kunci dimuat dengan sumber berat yang tidak dapat Anda saingi (seperti Forbes atau The Mayo Clinic), Anda memiliki peluang peringkat yang lebih rendah kecuali konten Anda luar biasa. 


3. Volume

Anda mungkin akan mendapatkan peringkat di halaman pertama untuk kata kunci tertentu, tetapi jika tidak ada yang pernah mencarinya, itu tidak akan menghasilkan lalu lintas ke situs Anda. Seperti mendirikan toko di kota hantu. 


Volume diukur dengan MSV (volume pencarian bulanan), yang berarti berapa kali kata kunci dicari per bulan di semua audiens. 


Langkah 2: Periksa campuran istilah utama dan kata kunci ekor panjang di setiap kelompok.

Jika Anda tidak tahu perbedaan antara istilah kepala dan kata kunci ekor panjang, izinkan saya menjelaskan. 


Istilah kepala adalah frasa kata kunci yang umumnya lebih pendek dan lebih umum - biasanya panjangnya hanya satu hingga tiga kata, tergantung dengan siapa Anda berbicara. Kata kunci ekor panjang , di sisi lain, adalah frase kata kunci yang lebih panjang yang biasanya berisi tiga atau lebih kata.


Penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki campuran istilah kepala dan istilah ekor panjang karena ini akan memberi Anda strategi kata kunci yang seimbang dengan sasaran jangka panjang dan keuntungan jangka pendek. 


Itu karena istilah kepala umumnya lebih sering ditelusuri, membuatnya sering (tidak selalu, tetapi sering) jauh lebih kompetitif dan lebih sulit untuk diberi peringkat daripada istilah berekor panjang. 


Coba pikirkan: Tanpa melihat volume atau kesulitan penelusuran, istilah manakah yang menurut Anda akan lebih sulit untuk diberi peringkat?


  1. cara menulis posting blog yang bagus
  2. ngeblog

Jika Anda menjawab # 2, Anda benar sekali. Tapi jangan putus asa. Meskipun istilah utama umumnya membanggakan volume penelusuran terbesar (artinya potensi yang lebih besar untuk mengirimkan lalu lintas kepada Anda), terus terang, lalu lintas yang akan Anda peroleh dari istilah "cara menulis entri blog yang hebat" biasanya lebih diinginkan.

Mengapa?

Karena seseorang yang mencari sesuatu yang spesifik mungkin adalah pencari yang jauh lebih memenuhi syarat untuk produk atau layanan Anda (dengan asumsi Anda berada di ruang blog) daripada seseorang yang mencari sesuatu yang sangat umum. 

Dan karena kata kunci ekor panjang cenderung lebih spesifik, biasanya lebih mudah untuk mengatakan apa orang-orang yang mencari kata kunci tersebut yang benar-benar mencari. 

Sebaliknya, seseorang yang menelusuri istilah utama "blogging", mungkin menelusurinya untuk berbagai alasan yang tidak terkait dengan bisnis Anda.

Jadi, periksa daftar kata kunci Anda untuk memastikan Anda memiliki perpaduan yang baik antara istilah kepala dan kata kunci ekor panjang. 

Anda pasti menginginkan beberapa kemenangan cepat yang akan diberikan oleh kata kunci berekor panjang, tetapi Anda juga harus mencoba menyingkirkan istilah utama yang lebih sulit dalam jangka panjang.

Langkah 3: Lihat bagaimana peringkat pesaing untuk kata kunci ini.


Hanya karena pesaing Anda melakukan sesuatu, bukan berarti Anda perlu melakukannya. Hal yang sama berlaku untuk kata kunci. Hanya karena kata kunci penting bagi pesaing Anda, tidak berarti kata kunci itu penting bagi Anda. 

Namun, memahami apa kata kunci pesaing Anda mencoba untuk peringkat untuk adalah cara yang bagus untuk membantu Anda memberikan daftar kata kunci evaluasi yang lain.

Jika pesaing Anda memberi peringkat untuk kata kunci tertentu yang ada di daftar Anda, juga, pasti masuk akal untuk bekerja meningkatkan peringkat Anda untuk kata kunci tersebut. 

Namun, jangan abaikan hal-hal yang tampaknya tidak diperhatikan oleh pesaing Anda. Ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda untuk memiliki pangsa pasar dengan istilah-istilah penting juga.

Memahami keseimbangan istilah yang mungkin sedikit lebih sulit karena persaingan, versus istilah yang sedikit lebih realistis, akan membantu Anda mempertahankan keseimbangan serupa yang memungkinkan campuran istilah ekor panjang dan kepala. 

Ingat, tujuannya adalah untuk mendapatkan daftar kata kunci yang memberikan beberapa keuntungan cepat, tetapi juga membantu Anda membuat kemajuan menuju tujuan SEO yang lebih besar dan lebih menantang.

Bagaimana Anda mengetahui kata kunci apa yang diperingkat pesaing Anda, Anda bertanya? Selain mencari kata kunci secara manual di browser penyamaran dan melihat posisi pesaing Anda, Ahrefs memungkinkan Anda menjalankan sejumlah laporan gratis yang menunjukkan kata kunci teratas untuk domain yang Anda masukkan. 

Ini adalah cara cepat untuk memahami jenis istilah yang diperingkat pesaing Anda.

Langkah 4: Gunakan Perencana Kata Kunci Google untuk mengurangi daftar kata kunci Anda.

Sekarang setelah Anda mendapatkan campuran kata kunci yang tepat, sekarang saatnya mempersempit daftar Anda dengan beberapa data kuantitatif lainnya.

 Anda memiliki banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan ini, tetapi izinkan saya membagikan metodologi favorit saya.

Saya suka menggunakan campuran Perencana Kata Kunci Google (Anda perlu menyiapkan akun Iklan untuk ini, tetapi Anda dapat menonaktifkan iklan contoh Anda sebelum membayar), dan Google Trends .

Di Perencana Kata Kunci, Anda bisa mendapatkan volume penelusuran dan taksiran lalu lintas untuk kata kunci yang Anda pertimbangkan. 

Kemudian, ambil informasi yang Anda pelajari dari Perencana Kata Kunci dan gunakan Google Trends untuk mengisi beberapa bagian yang kosong.

Gunakan Perencana Kata Kunci untuk menandai istilah apa pun di daftar Anda yang memiliki volume penelusuran terlalu sedikit (atau terlalu banyak), dan tidak membantu Anda mempertahankan perpaduan yang sehat seperti yang kita bicarakan di atas. 

Tetapi sebelum Anda menghapus apa pun, lihat riwayat tren dan proyeksi mereka di Google Trends. Anda dapat melihat apakah, katakanlah, beberapa istilah volume rendah mungkin benar-benar menjadi sesuatu yang harus Anda investasikan sekarang - dan menuai keuntungannya nanti.

Atau mungkin Anda hanya melihat daftar istilah yang terlalu berat, dan Anda harus mempersempitnya entah bagaimana ... Google Trends dapat membantu Anda menentukan istilah mana yang sedang naik daun, dan dengan demikian lebih layak untuk menjadi fokus Anda.

Kata Kunci Terbaik untuk SEO
Pahami bahwa tidak ada kata kunci "terbaik", hanya kata kunci yang paling banyak dicari oleh audiens Anda. 

Dengan pemikiran ini, terserah Anda untuk menyusun strategi yang akan membantu Anda memberi peringkat halaman dan mengarahkan lalu lintas. 

Kata kunci terbaik untuk strategi SEO Anda akan mempertimbangkan relevansi, otoritas, dan volume. Anda ingin menemukan kata kunci yang sangat dicari yang dapat Anda bersaing secara wajar berdasarkan: 

  • Tingkat persaingan yang Anda hadapi. 
  • Kemampuan Anda untuk menghasilkan konten yang kualitasnya melebihi peringkat saat ini.


Dan ... Anda sudah selesai!


Selamat! Anda sekarang memiliki daftar kata kunci yang akan membantu Anda fokus pada topik yang tepat untuk bisnis Anda, dan memberi Anda keuntungan jangka pendek dan jangka panjang. 

Pastikan untuk mengevaluasi ulang kata kunci ini setiap beberapa bulan - sekali seperempat adalah tolok ukur yang baik, tetapi beberapa bisnis lebih suka melakukannya lebih sering dari itu. 

Ketika Anda mendapatkan lebih banyak otoritas di SERPs, Anda akan menemukan bahwa Anda dapat menambahkan lebih banyak kata kunci ke daftar Anda untuk ditangani saat Anda bekerja untuk mempertahankan kehadiran Anda saat ini, dan kemudian tumbuh di area baru di atas itu.

Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close