[Studi Kasus] Ulasan Kelebihan Dan Kekurangan Domain My.id Untuk Blog

Daftar Isi [Tampil]

 [Studi Kasus] Ulasan Kelebihan Dan Kekurangan Domain My.id Untuk Blog | Sebuah domain dalam pembuatan suatu blog adalah hal terpenting sebelum mengembangkan lebih jauh dan luas. Lalu bagaimana dengan yang menggunakan domain my.id ? Apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan domain my.id untuk blog ?



Pada tahun 2020 tepatnya,pengguna domain my.id sangat drastis meningkatnya. Meskipun secara resmi domain my.id ini sudah resmi diumumkan oleh pandi.id sekitar tahun 2019 dan mulai banyak diminati tahun 2020 ini. 

Bahkan pandi.id juga menyebutkan bahwa penggunaan domain my.id meningkat secara drastis semenjak dibuka dan diumumkan secara resmi. 


Apa itu domain my.id ? 



Domain MY.ID adalah jenis domain .ID yang resmi dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Domain ini khusus diperuntukkan untuk website personal, seperti website portofolio, blog pribadi, atau alamat email pribadi.


Apa kelebihan domain my.id untuk blog ? 



Sebetulnya jika kita bicara soal kelebihan domain my.id contohnya,maka jawaban tersebut bisa beragam. Karena dari beberapa mereka yang menggunakan domain my.id menyebutkan diantaranya adalah : 


3 Kelebihan Domain My.id



1.1. Domain My.id Sangat Murah


Alasan pengguna domain my.id secara keseluruhan adalah menyebutkan bahwa domain my.id dalam sisi harga sangatlah murah dan ekonomis. Tentu saja hal ini bisa sangat bermanfaat bagi para blogger pemula seperti saya dalam mempelajari SEO dan BLOGGING. Untuk biaya pendaftaran domain my.id saya (reangbloge.my.id) sekitar Rp. 55.000/3tahun registrasi via rumahweb.com. Bahkan saat ini,domain my.id di gratiskan dan disediakan oleh provider seperti exabytes.co.id.


1.2. Domain my.id Pesona Indonesia


Mengapa saya menyebut domain my.id sebagai pesona indonesia ? Karena bagi saya pribadi pada awal menggunakan domain my.id atas dasar kecintaan saya terhadap indonesia. Jika kita ulas tentang domain my.id ini,maka kita akan menemukan 2 kata di dalamnya,yaitu my dan id. Arti my. pada domain my.id adalah sebagai tanpa pemilik. Sedangkan arti id. pada domain my.id adalah indonesia. Jadi dengan menggunakan domain ini saya lebih merasa bangga bisa menggunakan domain lokal. 


1.3. Domain my.id Bisa Diterima Google AdSense


Bahkan jika kalian pernah membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul [kasus studi] domain my.id di approve adsense. Itu sebagai hasil riset saya terhadap domain my.id yang sempat dikatakan oleh para blogger profesional bahwa domain my.id tidak bisa di approve adsense. Namun semua itu berhasil saya pecahkan dan saya berhasil dalam memonetisasi blog ini. 


Lalu,apa saja kekurangan domain.my.id ?



Untuk membahas tentang kekurangan domain my.id ini,saya tidak akan mengutip dari beberapa artikel yang sudah membahas hal semacam ini. Tetapi saya akan mengulas kekurangan domain my.id ini berdasarkan apa yang saya rasakan selama menggunakan domain my.id. 


3 Kekurangan Domain My.id


1.1. Domain My.id Kalah Dengan Blogspot.com 


Mengapa saya menyebut domain my.id kalah dengan domain gratis blogspot.com ? Karena saya merasakan sendiri bagaimana susahnya bersaing di halaman pertama google (page one) . Sangar jarang sekali saya menemukan domain my.id yang berada di halaman pertama google dengan keyword pasaran. Tidak percaya ? Silahkan searching dengan keyword pasaran seperti tutorial blogging dan lain-lain. 


1.2. Domain My.id Hanya Khusus Indonesia


Jika kalian searching menggunakan keyword apapun,maka domain my.id tidak akan tampil jika kalian menggunakan vpn atau server luar negeri. Hal ini saya rasakan ketika mencari keyword saya sendiri dengan menggunakan vpn lokasi amerika dan hasilnya domain reangbloge.my.id tidak ditemukan dan bahkan yang muncul blogspot saya kangmusofficial.blogspot.com.


1.3. Domain My.id Tidak Cocok Untuk Money Site


Setelah saya analisa lebih jauh,ternyata domain my.id tidak bisa bahkan tidak cocok untuk money site. Mengapa begitu ? Karena alasannya sudah saya jelaskan pada nomor 1 dan 2 di atas. Domain my.id ini menurut saya lebih cocok sebagai alat belajar menuju profesional. 


Apakah Domain My.id Bisa Di Jadikan Blog SEO ? 



Membahas soal SEO,menurut saya bukan terletak pada sebuah domain. Namun lebih pada skill mengelola riset keyword,kompetitor dan skill menulis artikel yang baik. Pengaruh domain pada "SEO" menurut saya hanya berapa persen saja,selebihnya tetap pada landasan RISET KEYWORD,KOMPETITOR dan SKILL MENULIS ARTIKEL YANG BAIK


Untuk mengembangkan domain my.id agar bisa lebih SEO dan ramah dalam mesin pencarian google,kalian bisa mempelajari semua yang sudah saya sebutkan diatas. Maka dari itu,saya tidak menutup kemungkinan bahwa domain my.id pun bisa bersaing di halaman pertama google (page one). Tetapi kalian juga harum memperhatikan kekurangan domain my.id sebelum menggunakan dan mengembangkan lebih jauh. 



Kesimpulan : [Studi Kasus] Ulasan Kelebihan Dan Kekurangan Domain My.id Untuk Blog


Kesimpulan yang saya peroleh selama kurang lebih satu tahun menggunakan domain my.id,sudah saya bahas semua disini. Dan untuk catatan,artikel ini hanya sebagai opini yang saya rasakan selama menggunakan domain my.id. Bagi kalian yang mempunyai opini dalam mengulas kelebihan dan kekurangan domain my.id,tentu saha itu hak anda. Jadi tolong pahami apa yang saya sampaikan disini



Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
adsense,Belajar Seo,Opini,Tips And Trick,Tutorial