[Studi Kasus] CTR/RKT AdSense Yang Aman Agar Terhindar Dari Banned

Konten [Tampil]

 [Studi Kasus] Berapa RKT/CTR AdSense Yang Aman Agar Terhindar Dari Banned | Menjadi seorang blogger yang tergabung dalam program google adsense memiliki banyak hal yang harus di evaluasi. Salah satu contoh hal yang harus diperhatikan adalah CTR/RKT adsense agar aman dari banned. 



Sedikit cerita setelah lepas dari pembatasan iklan selama 6 bulan,blog saya kembali terkena pembatasan iklan untuk yang kedua kalinya. Lah lama banget pembatasan iklan adsense sampe 6 bulan! Awalnya gimana tuh? Semua berawal dari sini


Setelah kejadian kemarin,sekarang PR saya dalam bermain google adsense bertambah semakin banyak. Bayangkan saja,setelah 6 bulan terkena pembatasan iklan selang beberapa hari terkena pembatasan iklan lagi. Ya begitulah pemula dalam dunia adsense harus banyak-banyak belajar. Next lanjut ke topik


Masih menjadi perbincangan bagi para pemula,khususnya bagi mereka yang belum memahami bagaimana iklan google adsense bekerja. Hal ini tentu saja membuat keresahan di kalangan kami para blogger pemula yang ingin menghasilkan sedikit uang dari blogging. 


Banyak opini para sesepuh blogger yang menyebutkan bahwa CRT/RKT adsense di atas 10% akan dibanned google adsense. Padahal menurut saya,opini tersebut salah besar! Kenapa saya mengatakan salah besar terhadap opini semacam itu ? Mari kita bahas semuanya dibawah ini.


Apa itu CTR/RKT AdSense ? 



RKT (rasio klik-tayang) atau CTR (click-through rate) di Google AdSense adalah perbandingan antara jumlah klik iklan dengan jumlah tampilan laman. Karena RKT dinyatakan dalam persentase, perlu dikalikan dengan nilai 100 untuk mendapatkan persentase RKT.


Inti dari CTR/RKT adsense ini adalah sebagai berikut : 


  • Contoh perhitungan RKT paling mudah, misal jumlah klik iklan pada situs anda adalah 23 dan jumlah tayangan iklan 500. Dengan demikian maka (23:500)100% = 4,6%, jadi dalam hal ini RKT masi bisa dikatakan aman karena dibawah 10%.

Kenapa CTR/RKT AdSense Harus Dibawah 10% ?



Sebetulnya akun adsense dibanned itu bukan karena nilai CTR/RKT adsense yang melebihi persentase 10%. Namun berhubung asumsi publik sudah banyak yang mengatakan hal semacam itu,maka secara tidak sengaja para pemain adsense pemula sangar berhati-hati dalam bermain google adsense. Tujuannya tidak lain adslah untuk mengontrok CTR/RKT adsense agar dibawah 10%. Ya wajar saja,itu kan hanya asumsi publik,bukan studi kasus. 


Apakah CTR/RKT AdSense di atas 10% bisa Dibanned ? 



Pertanyaan seperti ini serint banget saya temui,padahal pertanyaan tentang CTR/RKT adsense yang diatas 10% bukan penyebab utama akun adsense dibanned permanen. Lalu apa saja faktor yang membuat akun adsense dibanned permanen jika bukan karena CTR/RKT adsense diatas 10% ? 


5 Faktor penyebab akun adsense dibanned permanen ; 


  • 1. Klik Berlebihan
  • 2. Menggunakan BOT
  • 3. Sengaja Klik Iklan Sendiri
  • 4. Menggunakan Tools (Nuyul)
  • 5. Sengaja Mengajak Orang Lain Klik Iklan

5 faktor penyebab akun adsense dibanned permanen kurang lebih seperti yang saya sebutkan diatas. Jika mau menambahi,silahkan berkomentar. 


Berapa CTR/RKT AdSense Yang Aman Agar Tidak Dibanned Oleh Google AdSense ? 



Jika saya perhatikan,semua yang terkait dengan CTR/RKT adsense pasti berujung pada pertanyaan AKUN ADSENSE DIBANNED PERMANEN! 

Mungkin ada istilah yang mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Apakah pertanyaan kalian terinspirasi dari kata-kata bijak itu ? Sebetulnya sangat bagus sih jika kalian ingin belajar mengantisipasi agar akun adsense tidak dibanned dengan cara mengontrol CTR/RKT adsense. 


Namun yang saya khawatirkan,nantinya kalian hanya sibuk memikirkan CTR/RKT adsense saja. Sehingga konten dan pendukung lainnya terbengkalai karena ingin mempertahankan persentase CTR/RKT adsense agar dibawah 10% . 


Asal kalian tahu ya,CTR/RKT adsense itu bukan sebagai faktor inti yang menyebabkan akun adsense dibanned. Yang menyebabkan akun adsense dibanned bukan CTR/RKT adsense yang tinggi diatas 10%, tetapi pada tingkat konversi. 


Studi kasus CTR/RKT Adsense diatas 10%-15% tetap aman : 



Saya pernah menanyakan hal ini kepada teman saya (praktisi SEO), belaiu menjabarkan bahwa CTR/RKT adsense yang di atas 10%-15% bukanlah faktor utama yang menyebabkan akun adsense dibanned. CTR/RKT adsense kita boleh kok sampai 20% dengan catatan memiliki kualitas klik iklan yang berkualitas dan konversional. 


Akun adsense yang dibanned menurut beliau disebabkan oleh kesalahan internal dan ke isengan visitor. Maka dari itu saya tegaskan,CTR/RKT adsense yang di atas 10% tidak di banned. Namun dalam opsi pembatasan hal tersebut bisa saja terjadi.


Apa yang dimaksud klik iklan adsense yang berkualiatas dan konversional ? 



Klik iklan adsense yang berkualitas dan konversional adalah dimana seseorang (visitor) yang dengan sengaja mengklik iklan adsense yang tampil pada halaman adsense. Jadi intinya kita sebagai publiser harus mampu meng-affiliate visitor yang berkunjung dengan cara menguntungkan kedua pihak. 


Contoh klik iklan adsense yang berkualitas dan konversional ; 


Misalkan kita membuat artikel tentang " DOMAIN DAN HOSTING MURAH 2021",maka iklan yang akan tampil di dalam artikel tersebut diantara adalah iklan domain dan hosting. Pertanyaannya,bagaimana caranya kita bisa membuat visitor mengklik iklan domain dan hosting tersebut ? Lalu mereka mendaftar atau order di sana. Meskipun tidak order hosting atau domain,setidaknya jika visitor yang mengklik iklan tersebut hanya sebatas register saja itu termasuk klik iklan adsense yang berkualitas dan konversional. 


Bagaimana cara menurunkan CTR/RTK adsense yang sudah terlanjur di atas angka 10%-15% ? 



Untuk bisa menurunkan sebuah CTR/RKT adsense,ada beberapa cara yang bisa kita pakai untuk menurunkan nilai persentase CTR/RKT adsense. Bagaimana kah caranya ? 


1. Auto Reload Page


Auto reload page bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan nilai persentase CTR/RKT adsense. Beberapa tahun yang lalu cara ini masih terbilang cukup mujaran untuk sekedar menurunkan CTR/RKT adsense yang tinggi. Auto reload page di tahun 2021 sudah sangat tidak direkomendasikan sebab auto reload page sudah dilarang penggunaannya oleh google adsense 


2. Infinite Scroll


Infinite scroll bisa menjadi solusi yang paling saya rekomendasikan sebagai cara untuk menurunkan CTR/RKT adsense dengan cepat. Silahkan cari tutorialnya di google atau di blog igniel.com


3. Kurangi Slot Iklan


Dengan mengurangi slot iklan di dalam blog sangat bisa mengurangi CTR/RKT adsense. Semakin sedikir iklan yang kalian pasang pada blog,maka semakin kecil nilai CTR/RKT adsense pada akun adsense kalian.



Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close