Kakek Ini Buktikan Bisa Ubah Bukit Gersang Jadi Hutan Hijau Dalam 24 Tahun, Dulunya Dikira Gila

Kakek Ini Buktikan Bisa Ubah Bukit Gersang Jadi Hutan Hijau Dalam 24 Tahun, Dulunya Dikira Gila

Konten [Tampil]

Sadiman kerap dijuluki ‘orang gila’ lantaran rela menghabiskan uangnya sendiri demi membeli bibit pohon beringin. Bahkan, ia juga menjual ternaknya untuk menambah biaya pembelian bibit pohon.

Aksi Sadiman, kakek 69 tahun asal Wonogiri ini terbilang nekat. Ia menghabiskan hampir seperempat abad hidupnya untuk menanam pohon di lereng bukit tandus seluas 250 hektar.

Awal perjuangannya dimulai di tahun 1996. Ia tergerak lantaran saat itu kebakaran hebat melanda hutan di lereng Gunung Lawu, Jawa Tengah. Petaka itu mengakibatkan ratusan hektar hutan pinus ludes hingga bukit-bukit di sekitarnya menjadi tandus.

Dilansir dari laman Facebook Wonogiri Official, Sadiman diketahui bekerja seorang diri menanam kurang lebih 11.000 berjenis beringin dan pinus. Namun, warga setempat sempat mengiranya gila karena di awal mimpinya terdengar muluk.

“Orang-orang menertawakan saya karena membawa bibit pohon beringin ke desa karena mereka merasa tidak tenang, karena mereka merasa ada roh di pohon-pohon ini,” tutur Sadiman.

Tak disangka, yang awalnya skeptis, kini warga desa di Wonogiri justru berterima kasih pada Sadiman lantaran telah menjadi pahlawan lokal dan membuat air bersih dapat mengalir lagi dari awalnya tandus dan masyarakat jadi kekeringan.

Berkat jasanya, kini lahan hijau seluas 25 hektar itu pun dikenal dengan sebutan ‘Hutan Sadiman’. Tidak hanya itu, kini kawasan tersebut juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close