10 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Pencegahannya yang Wajib Dilakukan

10 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Pencegahannya yang Wajib Dilakukan

Konten [Tampil]

Anggota keluarga kamu ada yang memiliki kolesterol tinggi? Hati-hati, sebaiknya kamu mulai mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi dan langkah pencegahannya, karena kolesterol adalah penyakit yang bisa timbul akibat keturunan.

10 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Pencegahannya yang Wajib Dilakukan

Bisa dibilang, keturunan adalah faktor risiko yang memiliki peluang besar untuk kamu terserang kolesterol tinggi.

Namun selain itu, masih banyak lagi faktor risiko yang harus kamu waspadai, beserta ciri-ciri kolesterol tingginya yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Bahaya Mengidap Kolesterol Tinggi

Sebelum tahu lebih jauh informasi seputar ciri-ciri kolesterol tinggi, ada baiknya kamu ketahui dulu bahaya dari kolesterol tinggi itu sendiri.

Pasalnya, kolesterol yang memiliki kadar tinggi, bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terserang berbagai penyakit berbahaya.

Jika kamu belum tahu, kolesterol adalah senyawa lemak yang berada di dalam darah. Secara umum, kolesterol ini memang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel-sel sehat, vitamin D, dan sejumlah hormon.

Tetapi jika kadarnya berlebihan, kolesterol hanya akan menimbun sebagai plak di sepanjang pembuluh darah, dan membuat aliran darah jadi terhambat.

Kalau berbicara soal kolesterol, kadar normal dari kolesterol yang harus dimiliki tubuh sebenarnya berbeda-beda setiap orang.

Alasannya jelas, yaitu tergantung dengan kebutuhan tubuh dan risiko yang dimiliki setiap individu. Namun umumnya, kadar normal kolesterol adalah kurang dari 200 miligram per desiliter.

Adapun kadar kolesterol disebut tinggi, apabila angkanya mencapai 240 miligram per desiliter setelah dilakukan pemeriksaan darah.

Dengan angka tersebut, maka risiko untuk kamu terserang berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya semakin besar.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Untuk bisa mengenal ciri-ciri kolesterol tinggi, kamu perlu tahu penyebabnya terlebih dahulu. Biasanya, penyebab utama timbulnya kolesterol tinggi adalah gaya hidup tak sehat.

Seperti contohnya, kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak atau kolesterol tinggi.

Selain itu, kadar kolesterol yang tinggi juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor risiko berikut ini, yaitu:

  • Kegemukan (obesitas)
  • Kurang olahraga
  • Keturunan
  • Efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu
  • Memiliki masalah kesehatan tertentu
  • Malas bergerak dan beraktivitas
  • Kebiasaan merokok.

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi

Setelah mengetahui bahaya kolesterol tinggi dan penyebabnya, kini saatnya kamu mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi.

Dari sekian banyak ciri-ciri yang ada, di bawah ini ReangBloge telah merangkum 10 di antaranya yang paling sering terjadi, yaitu:

1. Pencernaan terganggu

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama, yaitu pencernaan terganggu. Hal ini bisa terjadi, karena kadar kolesterol yang tinggi membuat empedu jadi tidak seimbang, dan memicu timbulnya batu empedu.

2. Sakit kepala

Selain pencernaan yang terganggu, ciri-ciri kolesterol tinggi lainnya yang juga perlu kamu ketahui, yaitu sakit kepala. Bisa dikatakan, ini adalah gejala yang paling sering muncul dan dialami penderita kolesterol tinggi.

Akan tetapi, rasa sakit yang dialami berbeda, karena hanya terjadi di bagian kepala belakang. Rasa sakit ini tentunya sangat mengganggu dan terasa berat.

Hanya saja, ketika kadar kolesterolnya berkurang dan menuju batas normal, maka rasa sakit tersebut perlahan membaik.

3. Nyeri dada

Kamu suka tiba-tiba merasakan rasa sakit di dada? Hati-hati, bisa saja itu adalah gejala dari kolesterol tinggi. Pasalnya, orang dengan kolesterol tinggi sering merasakan sakit di bagian dada dan lengan.

Ketika hal itu terjadi, sebisa mungkin kamu harus tenang dan segera mendapat pengobatan, agar tidak merasa tersiksa, tertekan, atau stres berlebihan yang biasa dialami penderita kolesterol tinggi.

4. Nyeri kaki

Tak hanya nyeri dada saja yang menjadi ciri-ciri kolesterol tinggi, namun nyeri kaki pun menjadi salah satunya.

Sebab, orang dengan kadar kolesterol tinggi mengalami penumpukan plak di pembuluh darah kaki, dan itu dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup berat di bagian kaki.

5. Gampang lelah

Menjadi bagian dari ciri-ciri kolesterol tinggi, rasa mudah lelah kerap dialami para penderita. Bagaimana tidak, penumpukan yang terjadi di pembuluh darah, membuat aliran darah ke jaringan tubuh berkurang, dan itu menyebabkan tubuh mudah lelah.

6. Timbul gumpalan di urat

Di urutan keenam ada timbul gumpalan di urat. Mungkin terkesan biasa saja, namun gumpalan ini cukup mengganggu penampilan visual seseorang.

Biasanya ciri-ciri kolesterol tinggi ini, terjadi pada seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi karena faktor genetik.

Adapun bentuk gumpalannya menyerupai separuh biji kacang, yang dapat dilihat dan dirasakan pada urat dekat buku jari.

Untuk memastikan apakah gumpalan tersebut muncul akibat kadar kolesterol tinggi, kamu bisa melakukan tes darah.

7. Mengalami xanthelasma

Siapa di antara kamu yang pernah mendengar xanthelasma? Kalau belum, yuk berkenalan! Jadi, xanthelasma adalah salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi yang berupa timbulnya bercak-bercak kuning pada bagian bawah kelopak mata.

8. Mengalami xanthoma

Berbeda dengan istilah sebelumnya, xanthoma merupakan ciri-ciri kolesterol tinggi yang ditunjukkan dalam bentuk penumpukan kolesterol di dalam jaringan tubuh, khususnya di bagian dalam kulit dan urat.

Bentuk visual dari penumpukan kolesterol tinggi tersebut pun umumnya bulat, dan memiliki warna kekuningan.

9. Tengkuk pegal-pegal

Tengkuk kamu sering terasa pegal? Hati-hati, itu bisa jadi ciri-ciri kolesterol tinggi yang tidak kamu ketahui.

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi biasa mengalami gejala ini, karena adanya penumpukan plak di pembuluh darah bagian leher.

Dengan adanya penumpukan tersebut, maka aliran darah yang terjadi di leher menuju otak pun jadi terhambat.

10. Mudah mengantuk

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang terakhir, yaitu mudah mengantuk. Ini sejatinya bukan karena kamu terlalu lelah beraktivitas, melainkan adalah efek samping dari pembuluh darah yang tersumbat.

Ya, asupan aliran darah yang membawa oksigen ke otak menjadi berkurang, akibat pembuluh darah tersumbat, dan itu menyebabkan penderitanya sering mengantuk dan mudah lelah.

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Dari semua ciri-ciri kolesterol tinggi yang sudah dijelaskan di atas, tentunya kamu gak mau dong terkena penyakit tersebut?

Nah maka dari itu, di bawah ini ReangBloge akan memberikan sejumlah cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa dilakukan, di antaranya yaitu:

  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Hindari stres berlebih
  • Menjaga berat badan ideal
  • Menjaga pola makan yang baik dengan teratur mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian
  • Rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya.

Makanan yang Dilarang untuk Pengidap Kolesterol Tinggi

Selain melakukan sederet cara mencegah kolesterol tinggi, kamu juga perlu berhenti mengonsumsi sejumlah makanan ini, karena dapat memicu kambuhnya kolesterol tinggi. Adapun makanan-makanan yang dimaksud tersebut, di antaranya:

  • Makanan yang digoreng dengan minyak atau onmargarin berkadar kolesterol tinggi (bakwan, tempe, ayam goreng, martabak telur, tahu dan tempe goreng)
  • Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi (daging, santan kelapa, makanan kemasan seperti sosis, kornet, mentega dan minyak palm)
  • Minyak kelapa
  • Jeroan (hati, usus, ampela, otak, jantung dan organ dalam hewan yang lainnya)
  • Kulit ayam dan sapi
  • Kikil
  • Telur ayam
  • Udang
  • Makanan cepat saji (kentang goreng, burger, ayam goreng tepung, dan lain sebagainya).

Itulah sejumlah informasi seputar ciri-ciri kolesterol tinggi, beserta cara pencegahannya yang sudah kamu ketahui lengkap di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, dari semua informasi tersebut apakah kamu semakin sadar dengan pentingnya menjaga kesehatan tubuh?

Kalau begitu, yuk mulai ubah pola hidup jadi lebih sehat, dan lindungi diri secara maksimal dengan menggunakan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit. Sehingga, nantinya ketika sakit kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya, karena sudah ditanggung asuransi kesehatan.

Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close