Mengenal Lebih dalam Apa Itu Supply Chain Financing

Konten [Tampil]

Saat kamu memiliki usaha maupun bisnis tentunya memahami bahwa dalam dunia bisnis persaingan merupakan hal yang wajar, dalam dunia ini juga banyak yang harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Hal tersebut juga harus didukung dengan strategi eksternal dan internal yang baik agar semakin optimal hasilnya. 


Hal yang harus diketahui oleh para pengusaha dan pebisnis salah satunya adalah mengenai SCF atau Supply Chain Financing. Tapi, sebenarnya apa sih Supply Chain Financing ini? Mari kita bahas lengkapnya di bawah ini!


Apa Itu Supply Chain Financing?


Supply Chain Financing merupakan sebuah pembiayaan modal kerja kepada para pelaku usaha untuk mengembangkan usaha atau bisnisnya dengan membeli stok barang dari para pemasok. 


Dengan menggunakan cara ini, biaya pendanaan yang ada dapat ditekan dengan adanya teknologi yang dapat menghubungkan berbagai pihak dalam satu transaksi. Pada SCF ini juga biasanya melibatkan 3 pelaku utama dalam pembiayaannya yaitu buyer, supplier dan lembaga keuangan penyedia jasa Supply Chain Financing.


Efisiensi dari bisnis ini juga dapat menjadi lebih optimal dengan Supply Chain Financing karena biasanya peminjam (borrower) dapat memperoleh pembayaran yang lebih cepat atas pekerjaan yang sudah dilakukan tanpa harus menyediakan jaminan secara penuh.


SCF juga bisa menjadi alternatif bagi usaha yang kamu jalani, karena dengan SCF ini kamu dapat menjalankan usaha atau bisnismu tanpa harus melakukan transaksi menggunakan jasa dari pihak bank. 


Cara Kerja Supply Chain Financing


Sebenarnya Supply Chain Financing ini adalah bentuk kemitraan dengan pihak-pihak tertentu dengan cara memberikan kredit jangka pendek. Pemberian kredit ini diharapkan bisa memberikan modal kerja baik untuk pembeli maupun kepada para pemasok atau penjual. 


Pertimbangan lainnya yang akan dilakukan dalam pemberian modal ini adalah terkait hubungan rantai dari pasokan klien itu.


Solusi bisnis ini tidak hanya mengoptimalkan modal kerja dan arus kas perusahaan, tetapi juga memberikan pengaruh yang cukup besar dalam likuiditas sebuah bisnis. 


Karena, Supply Chain Financing ini memungkinkan perusahaan yang bertindak sebagai pembeli untuk memperpanjang persyaratan pembayarannya kepada para pemasok.


Pemasok juga tidak perlu mengkhawatirkan cash flownya karena mereka juga akan mendapatkan pembayaran lebih awal. Lalu, bagaimana caranya?


Saat mereka menggunakan SCF, maka pemasok bisa menjual faktur atau invoice yang mereka miliki kepada pihak bank atau penyedia keuangan lainnya. Dengan demikian, pemasok bisa memiliki akses terhadap uang tersebut secara lebih mudah dan cepat. 


Dari akses yang relatif lebih cepat ini tentu akan mempermudah para pemasok untuk tetap menjaga kelancaran serta keseimbangan cash flow yang dimilikinya. Sehingga kegiatan bisnis yang dilakukannya juga tetap berjalan lancar.


Untuk pembeli tentu memiliki lebih banyak kesempatan serta waktu untuk membayar sejumlah tagihan yang bisa diselesaikan sehingga pembeli pun dapat menjadi lebih tenang untuk melakukan aktivitasnya. 


Dari semua penjelasan di atas, Supply Chain Financing ini akan menjadi suatu situasi yang memberikan win-win solution kepada kedua belah pihak baik itu pembeli atau pemasok.


Keuntungan Menggunakan Supply Chain Financing


Baik itu sebagai pemasok atau pembeli Supply Chain Financing ini memiliki keuntungan yang dapat dirasakan langsung oleh penggunanya, yaitu:


Sebagai pemasok

  • Proses likuiditas yang relatif lebih cepat
  • Menjaga kestabilan serta kelancaran arus kas

Sebagai pembeli

  • Proses yang mudah dan cepat
  • Mengamankan modal kerja
  • Meningkatkan volume penjualan

Masing-masing bank atau lembaga keuangan lainnya yang memiliki layanan ini berlomba untuk mendapatkan perhatian dari para penjual serta pembeli. Biasanya, nilai suku bunga yang bersaing menjadi salah satu daya tarik yang ditonjolkan.


Lalu, Bagaimana Memilih Supply Chain Financing yang Tepat?


Setelah memahami mengenai SCF dan bagaimana cara kerjanya tentu tahapan lainnya adalah memilih mana perusahaan atau lembaga keuangan yang memiliki produk Supply Chain Financing yang paling sesuai dengan bisnismu.


Kamu dapat menggunakan produk pinjaman dari Akseleran karena di Akseleran memiliki berbagai macam produk pinjaman sesuai dengan kebutuhanmu. Mulai dari, Invoice Financing, Inventory Financing, Distributor Financing, Instant Financing, 


Online Merchant Financing dan tentunya Supply Chain Financing. Semua produk tersebut tersedia di Akseleran dan Akseleran juga sudah berizin resmi di Otoritas Jasa Keuangan sehingga keamanan proses transaksimu terjamin.


Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!


Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah berizin resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email cs@akseleran.co.id.

The post Mengenal Lebih dalam Apa Itu Supply Chain Financing appeared first on Akseleran Blog.



source https://www.akseleran.co.id/blog/supply-chain-financing/
Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close