7 Manfaat Berbuka Dengan Air Kelapa Untuk Kesehatan

Konten [Tampil]
Manfaat Berbuka Dengan Air Kelapa Untuk Kesehatan

Pada saat berpuasa, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik tentunya menjadi prioritas yang utama. Setelah menahan lapar dan haus seharian, tubuh pun perlu mendapatkan asupan cairan pengganti. 


Selain dapat mengkonsumsi air putih, kita juga dapat mengkonsumsi air kelapa sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Air kelapa sendiri mengandung banyak nutrisi dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, kalsium, magnesium dan fosfor.


Memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, tak heran jika air kelapa banyak dicari ketika berbuka puasa. 


Tidak hanya menyegarkan, air kelapa ini juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Apa saja itu? Berikut ini manfaat berbuka dengan air kelapa untuk kesehatan


1. Cairan Tubuh Terpenuhi

Manfaat Berbuka Dengan Air Kelapa Untuk Kesehatan

photo via tagar.id

Saat berpuasa, dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh rentan menyerang siapa saja karena kita tidak boleh mengkonsumsi cairan dalam jangka waktu yang panjang. 


Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut, kita dapat mengkonsumsi air kelapa pada saat berbuka puasa. Air kelapa sendiri mengandung cairan elektrolit yang berfungsi memulihkan energi yang hilang selama beraktivitas.


2. Tubuh Menjadi Lebih Segar

Manfaat Berbuka Dengan Air Kelapa Untuk Kesehatan

photo via ukita.co

Tak bisa dipungkiri, setelah berpuasa tubuh tentunya menginginkan asupan yang menyegarkan. Nah, salah satu asupan yang menyegarkan dan menyehatkan tubuh tersebut adalah air kelapa. 


Air kelapa sendiri mampu memberikan kesegaran yang alami dan terbukti mampu mengembalikan kadar gula darah dengan lebih baik karena kandungan gula alami didalamnya. 


Kembalinya kadar gula darah ke rentang optimal, tentunya akan membuat tubuh lebih berenergi.


3. Membantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi dan Mineral Tubuh

Manfaat Berbuka Dengan Air Kelapa Untuk Kesehatan

photo via emedihealth.com

Setiap 30 ml air kelapa mengandung 60 mg kalium dan 5,5 mg natrium. Selain itu, mengandung juga vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor. Kandungannya yang banyak ini tentunya sangat baik untuk tubuh. 


Tak heran jika mengkonsumsi air kelapa selama berpuasa ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral dalam tubuh.


4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat Berbuka Dengan Air Kelapa Untuk Kesehatan

photo via indozone.id

Salah satu manfaat dari air kelapa yaitu mengatasi gangguan pencernaan. Buat kalian yang sering mengalami gangguan pencernaan saat berpuasa, air kelapa ini minuman yang tepat kalian konsumsi.


Di dalam air kelapa mengandung enzim biaktif alami seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan enzim lainnya. 


Kandungan enzim pada air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.


Air kelapa ini dapat digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih hingga gangguan ginjal.


5. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat Berbuka Dengan Air Kelapa Untuk Kesehatan

photo via travelista.id

Selanjutnya manfaat dari air kelapa selama berpuasa yaitu mampu menangkal radikal bebas. Air kelapa sendiri bersifat antioksidan sehingga mampu mengatasi racun-racun dan zat radikal bebas yang masuk untuk merusak tubuh. 


Selain itu, di dalam air kelapa juga mengandung Tanin dan antidotum (anti racun) yang sangat tinggi. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin, dapat membantu menetralisir racun di dalam tubuh.


6. Mencegah Penyakit Berbahaya

Manfaat Berbuka Dengan Air Kelapa Untuk Kesehatan

photo via suckhoehangngay.vn

Ketika mengkonsumsi air kelapa, kita juga dapat mencegah penyakit berbahaya. Air kelapa sendiri mengandung pemanis alami sehingga tidak perlu ditambah dengan gula lagi. 


Terdapat kandungan magnesium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah dapat dikontrol. Maka dari itu, air kelapa mampu membantu menurunkan risiko terkena diabetes.


Selain mengurangi risiko diabetes, air kelapa juga mampu memenuhi cairan dalam tubuh sehingga dapat menghindari munculnya batu ginjal. 


Dengan mengkonsumsi air kelapa, cairan yang dibuthkan tubuh akan terpenuhi sehingga secara keseluruhan air kelapa dapat menjaga organ di dalam tubuh.


Mengkonsumsi air kelapa juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena dapat menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida.


7. Menghidrasi Kulit

Manfaat Berbuka Dengan Air Kelapa Untuk Kesehatan

photo via pourmoiskincare.com

Tubuh yang kekurangan cairan tentunya berdampak pula dengan kelembaban kulit. Kulit yang kering serta pecah-pecah tentunya akan berdampak pada penampilanmu, sehingga untuk mengembalikan kondisi kulit agar lembab ketika berbuka puasa atau sahur kalian dapat mengkonsumsi air kelapa.


Di dalam air kelapa terdapat kandungan vitamin C, vitamin C ini diketahui sangat bagus untuk kesehatan kulit. 


Untuk hasil yang lebih optimal, bisa juga menggunakan tabir surya agar kulit tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Jangan lupa juga sehabis mandi, selalu gunakan pelembab agar kulit tidak kering.

 

Itulah beberapa manfaat berbuka dengan air kelapa untuk kesehatan. Untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa, kamu bisa mengkonsumsi air kelapa secara rutin. Kamu juga tak perlu khawatir kandungan gulanya, karena air kelapa mengandung gula alami.

The post Manfaat Berbuka Dengan Air Kelapa Untuk Kesehatan appeared first on Blog Unik.



source https://blogunik.com/manfaat-berbuka-dengan-air-kelapa-untuk-kesehatan/
Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close