Cara Menonaktifkan 5G di Perangkat Android Apa Pun

Konten [Tampil]

 Cara Menonaktifkan 5G di Perangkat Android Apa Pun | 5G cepat, tetapi menggunakan lebih banyak baterai. Pelajari cara mematikan 5G saat Anda tidak membutuhkannya.



5G menawarkan koneksi yang lancar dan cepat di mana pun Anda berada. Ini adalah jaringan seluler tercepat! Tetapi itu juga bisa sangat menguras baterai Anda dan, tanpa paket data yang akomodatif, menyusahkan dompet Anda. Untungnya, 5G di perangkat Anda mudah dinonaktifkan.


Berikut cara mematikan 5G untuk smartphone, tablet, dan router seluler.


Matikan 5G di Smartphone dan Tablet Android


Ponsel cerdas dan tablet Android menyimpan informasi jaringan seluler di tempat yang sama. Artinya cara menonaktifkan 5G di tablet Android sama dengan cara menonaktifkan smartphone Android.


Untuk mematikan 5G, buka Pengaturan > Koneksi > Jaringan seluler > Mode Jaringan dan pilih salah satu opsi yang tidak bertuliskan "5G" pada judulnya.


Ponsel Anda akan diatur ulang untuk menggunakan 5G lagi setelah pembaruan, jadi ingatlah untuk kembali dan mengubahnya ke mode jaringan yang berbeda setelah menginstal pembaruan sistem.


Matikan 5G di iPhone dan iPad


Karena iPhone dan iPad sama-sama menggunakan sistem iOS, mereka menyimpan opsi jaringan seluler di tempat yang sama. Karenanya, Anda dapat menggunakan langkah yang sama untuk menonaktifkan 5G di iPhone atau iPad.


Untuk menonaktifkan jaringan 5G di perangkat iOS Anda, buka Pengaturan > Seluler > Opsi Data Seluler > Suara & Data dan ketuk LTE. Setelah pembaruan, perangkat Anda dapat kembali menggunakan 5G secara otomatis. Pastikan untuk kembali dan mengubahnya menjadi LTE lagi dalam kasus itu.


Cara Mematikan 5G di Router Seluler


Berpindah dari jaringan seluler 5G berbeda dengan beralih dari koneksi 5GHz di router Anda.


Perbedaan utamanya adalah 5GHz adalah ukuran kecepatan — berapa banyak informasi yang dapat diproses per detik — sedangkan 5G adalah jaringan data seluler yang dapat didistribusikan beberapa router ke perangkat 5G.


Untuk menonaktifkan 5G di perute seluler, Anda harus mengakses pengaturan jaringan perute. Proses pastinya akan berbeda tergantung pada router spesifik Anda, tetapi panduan ini menguraikan proses dasar.


  1. Temukan Pengaturan Koneksi perangkat Anda . Cari tombol di layar utama berlabel " Wi-Fi ", " Jaringan ", " Mode seluler", atau " Internet".
  2. Di dalam menu itu, cari opsi " Band " atau " Jaringan ".
  3. Pilih jaringan seluler yang Anda inginkan (mis., 4G, LTE).

Nikmati Kecepatan Cepat Tanpa 5G


Jaringan 5G memungkinkan kecepatan yang lebih cepat, tetapi itu tidak berarti koneksi 4G atau LTE lambat. Anda masih dapat mengharapkan kecepatan tinggi dan koneksi mulus dari perangkat Anda, bahkan setelah Anda menonaktifkan 5G. Saat Anda membutuhkan dorongan ekstra itu, cukup nyalakan kembali.

Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

أحدث أقدم
close