10 Strategi Usaha Online di Desa Sukses Terbukti Datangkan Omset Jutaan Perbulan

10 Strategi Usaha Online di Desa Sukses Terbukti Datangkan Omset Jutaan Perbulan

Konten [Tampil]

Tinggal di pedesaan bukan berarti Anda tidak bisa membuka bisnis online dan menjadi sukses. Setiap orang berhak untuk memulai bisnis dan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya, terlepas di mana tempat tinggalnya.


Dulu, desa memang identik sebagai kawasan yang asri dan belum banyak tersentuh teknologi selayaknya kota modern. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini beragam teknologi canggih sudah mulai merambah ke wilayah pedesaan. 


Termasuk teknologi untuk jualan online desa. Alhasil, banyak usaha di desa sukses berkembang melalui internet dan gadget.


Untuk Anda yang saat ini tinggal di desa dan ingin mengembangkan bisnis online modal kecil, tidak perlu risau! Artikel kali ini akan mengajak Anda melihat +6 strategi jualan online desa yang mudah dan mendatangkan omset jutaan perbulan. 


Yuk kita simak pembahasan lengkapnya bersama-sama!


10 Cara Jualan Online Desa yang Terbukti Manjur Datangkan Omset Besar

bisnis-di-desa

Siapa saja bisa berbisnis online dan sukses menjadi pengusaha besar, termasuk masyarakat pedesaan. 


Tak kalah dibandingkan kota-kota besar, wilayah pedesaan juga memiliki segudang kekayaan alam dan aset melimpah yang menguntungkan jika dikelola serta dijual dengan baik. 


Cukup gunakan sejumlah strategi jualan online desa yang baik saja, maka bisnis kecil Anda sudah pasti bisa melejit mendatangkan omset besar.


Mengingat situasi dan kondisi masyarakat di pedesaan berbeda dengan perkotaan, maka Anda wajib mengetahui strategi dan inovasi usaha di desa yang baik dan benar.


 Apa sajakah tips-tipsnya? Berikut kami sudah merangkum penjelasannya dengan lengkap dan khusus untuk Anda:


1. Pilih Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Belum Dilakukan


Berbisnis tidak perlu dimulai secara besar-besaran dan “wah”. Apalagi untuk bisnis online yang terkenal murah dan bisa dijalankan tanpa modal. Ini juga merupakan kabar gembira untuk Anda yang ingin berbisnis tapi terkendala oleh jumlah modal.


Ada banyak sekali ide bisnis online modal kecil yang bisa Anda dirikan di desa mengingat masyarakat pedesaan masih bersifat tradisional. Jadi, ruang gerak Anda untuk berbisnis online di desa masih sangat besar.


Pertama-tama, pilihlah ide bisnis online modal kecil yang belum banyak dijalani oleh masyarakat di desa Anda. Ini adalah strategi yang baik untuk mengungguli persaingan dan menghindari persaingan.


 Pastikan juga ide bisnis online modal kecil yang dipilih menawarkan solusi atau bisa memenuhi kebutuhan masyarakat supaya cepat laku terjual.


Beberapa ide bisnis online modal kecil yang bisa Anda jual di desa adalah:


  • Bisnis baju preloved atau baju bekas berkualitas.
  • Bisnis camilan dan keripik online.
  • Bisnis katering makanan sehat rumahan.
  • Bisnis laundry dan pesan jasa online.
  • Bisnis parcel atau hampers.
  • Bisnis agen pulsa dan kuota internet.
  • Bisnis reseller produk harian / kebutuhan rumah tangga, dan masih banyak lainnya.

Agar tidak salah pilih, cobalah untuk melakukan pengamatan dan survey kecil-kecilan di lingkungan sekitar Anda. Tindakan ini penting supaya Anda tahu betul produk atau jasa yang sedang benar-benar dibutuhkan.


2. Lakukan Inovasi Usaha di Desa


Setelah menentukan ide bisnis untuk digeluti, sekarang waktunya menghadirkan beberapa inovasi usaha di desa. Melakukan inovasi usaha di desa adalah hal penting supaya bisnis Anda tampak menarik dan tidak membosankan bagi konsumen. 


Sebuah bisnis yang inovatif juga akan lebih mudah untuk menarik rasa penasaran serta minat belanja calon konsumen di tempat Anda.


Beberapa bentuk inovasi usaha di desa yang bisa Anda praktekkan antara lain:


3. Menyediakan Transaksi Secara Online


Mayoritas transaksi di pedesaan masih berlangsung secara langsung menggunakan uang tunai. Bisnis Anda bisa tampil berbeda daripada yang lain dengan menghadirkan layanan transaksi online menggunakan e-wallet, scan barcode atau transfer bank. 


Lama kelamaan, masyarakat di desa Anda bisa ikut merasakan kepraktisan berbelanja tanpa uang tunai menggunakan sistem online.


4. Menggencarkan Affiliate Marketing


Bisnis Anda dapat menjadi semakin terkenal dengan sistem affiliate marketing. Strategi marketing online yang satu ini membawa banyak manfaat, di antaranya:


  • Memberikan lapangan pekerjaan tambahan secara tidak langsung. Melalui sistem affiliate marketing, masyarakat di desa bisa bergabung menjadi member bisnis dan mempromosikan usaha. Nantinya, mereka akan mendapat komisi untuk setiap produk yang laku terjual.
  • Turut mengajak sebanyak mungkin orang di desa Anda mempromosikan usaha Anda. Hasilnya, bisnis Anda menjadi semakin terkenal dan menonjol.
  • Tidak perlu repot mempromosikan usaha sendiri. Anda bisa menghemat budget promosi untuk digunakan ke hal lain yang lebih penting.

5. Memfasilitasi Pesan Online dan Jasa Antar


Selain sistem pembayaran via online, Anda juga bisa sekaligus menghadirkan sistem pemesanan produk secara online. 


Pemesanan bisa dilaksanakan via website, sosial media atau pesan chat. Kemudian, paket pesanan dapat dikirimkan menggunakan jasa antar (delivery) yang juga sudah tersedia. Praktis!


6. Manfaatkan Sosial Media untuk Berpromosi

promosi di media sosial

Sekarang sudah ada banyak masyarakat desa yang akrab dengan media sosial. Kebiasaan bermain media sosial ini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk dagangan. 


Melalui media sosial, Anda bisa memposting katalog produk dan berinteraksi dengan sebanyak mungkin penduduk desa.


Bagusnya lagi, promosi di sosial media dapat dilakukan tanpa biaya sama sekali alias gratis. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memposting foto produk disertai caption menarik untuk memikat perhatian pengguna sosmed lain. 


Sangat mudah, bukan?


Beberapa media sosial yang kami rekomendasikan untuk mempromosikan usaha di desa sukses adalah: Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Twitter.


7. Sesuaikan Promosi dengan Kemampuan


Saat mengiklankan produk di media sosial, ingatlah untuk mulai dan menjalankannya sesuai kapasitas serta kemampuan diri. 


Kalau Anda merasa punya cukup waktu dan tenaga, maka buatlah aneka konten promosi menarik dan mempostingnya sendiri. Cara ini pastinya menguntungkan karena Anda bisa berpromosi tanpa modal sepeserpun.


Namun jika Anda sudah kewalahan dengan aktivitas bisnis, maka tidak ada salahnya untuk menyewa tenaga orang lain untuk mempromosikan produk atau memasang iklan berbayar.


8. Jalin Komunikasi yang Baik dengan Konsumen


Bisnis apapun tidak akan mampu berjalan dan sukses kalau Anda tidak bisa menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen maupun calon konsumen. 


Dengan mengandalkan teknologi online serta sosial media, diharapkan kini Anda bisa berkomunikasi dengan konsumen secara lebih praktis, mudah dan cepat.


Selalu balas atau tanggapi pertanyaan, kritik serta masukan dari konsumen. Sesekali berikan juga apresiasi terhadap pelanggan yang sudah selalu setia berbelanja di tempat Anda. 


Cara-cara sederhana ini akan menjadikan para pengunjung betah berbelanja di toko Anda.


9. Manfaatkan Facebook Ads (Iklan Facebook)


Tidak ada salahnya untuk mempromosikan produk jualan ke Facebook Ads (iklan Facebook). Mengapa Facebook? Sebab, Facebook adalah sosial media paling populer nomor 1 di dunia. 


Selain itu, masyarakat pedesaan umumnya lebih mengenal dan menggunakan Facebook dibandingkan media sosial lain.


Facebook Ads adalah fitur Facebook yang bermanfaat untuk memperkenalkan produk ke sebanyak mungkin pengguna demi meningkatkan penjualan. 


Meskipun berbayar, Anda tidak perlu khawatir karena harga tarif Facebook Ads tidak mahal. Anda juga bisa menyesuaikan tarif iklan dengan modal yang dimiliki saat ini.


Bagaimana cara membuat Facebook Ads? Gampang sekali, Anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut:


  1. Buat Facebook Page bisnis Anda terlebih dahulu. Caranya, login ke akun Facebook Anda (kalau belum punya, buatlah akun Facebook dulu, ya!) > klik menu “Halaman” di pojok kiri > klik “Buat Halaman Baru”. Selengkapnya, Anda hanya perlu melengkapi identitas bisnis seperti nama usaha, jenis usaha, lokasi dan lain-lain.
  2. Begitu Facebook Page bisnis sudah jadi, buatlah sebuah postingan baru di Facebook Page. Postingan ini bisa berupa gambar produk, artikel promosi keunggulan produk dan lain-lain.
  3. Setelah postingan terunggah, klik menu “Promosikan”.
  4. Atur target penonton iklan, tarif iklan dan cara pembayaran yang diinginkan.
  5. Selesai! Iklan Anda akan dipublikasikan sesegera mungkin setelah Anda selesai melunasi pembayaran tagihan iklan.

10. Pakai Website Bisnis Terbaik Milik Sendiri

website bisnis

Tips terakhir dan tak kalah penting, gunakanlah website bisnis terbaik milik sendiri jika Anda ingin usaha di desa sukses besar. Website adalah sebuah platform internet di mana Anda bisa memposting banyak informasi, termasuk katalog produk dan artikel promosi tanpa batas.


Lebih canggihnya lagi, website bisnis bisa sekaligus menjadi toko online milik Anda. Jadi, konsumen bisa langsung memesan produk melalui website Anda saja. Pun ada banyak sekali keuntungan bisnis yang dihadirkan lewat sebuah website, seperti:


  • Meningkatkan rasa kepercayaan konsumen secara signifikan, karena sebuah bisnis yang berkualitas pasti memiliki sebuah website resmi.
  • Mempermudah aktivitas transaksi karena seluruh kegiatan bisa dilakukan di website. Mulai dari mencari produk, memasukkan produk ke keranjang dan membayar.
  • Menjadi media promosi gratis yang bisa digunakan sampai kapan saja tak terbatas waktu.

Bahkan, ada lebih dari 90% bisnis masa kini yang beroperasi serta mempromosikan usahanya menggunakan website. 


Melalui website, bisnis-bisnis ini saling berlomba-lomba supaya masyarakat yang sedang mencari informasi di Google bisa sekaligus menemukan jasa serta layanan mereka. Anda pun tidak boleh ketinggalan!


Tapi bagaimana jadinya kalau Anda tidak bisa membuat website bisnis (web e-commerce) sendiri? Tenang, Anda tidak perlu cemas atau langsung merasa pesimis berbisnis. 


Percayakan semua kebutuhan dan pengembangan website bisnis Anda langsung kepada tim ahlinya di APPKEY.


APPKEY adalah perusahaan jasa website dan aplikasi e-commerce terkenal yang sudah berpengalaman menangani ratusan bisnis, mulai dari bisnis kecil di pedesaan hingga bisnis skala besar internasional. 


Berbekalkan skill dan pengalaman yang terbaik, tim APPKEY siap membantu Anda 100% dalam mewujudkan website toko online idaman.


Beberapa keuntungan utama mengembangkan website toko online di APPKEY antara lain:


  • Mendapatkan website e-commerce yang responsif, anti lelet saat loading dan bisa dijalankan dengan baik pada smartphone, laptop maupun komputer.
  • Memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan siapa saja, bahkan oleh orang-orang yang baru pertama kali mengetahui apa itu website.
  • Bisa menampung banyak data produk serta lalu lintas kunjungan website secara aman, rapi dan tak terbatas.
  • Cocok untuk bisnis jenis apa saja. Anda tinggal mengomunikasikan kepada tim APPKEY terkait rancangan bisnis dan tipe produk yang hendak dijual via website. Selebihnya, tim APPKEY yang akan menyesuaikan fitur serta tampilan website supaya pas dengan tujuan bisnis.

Tertarik untuk memulai karir bisnis online perdana Anda bersama APPKEY? Yuk segera kunjungi situs resmi kami di https://appkey.co.id/ untuk mendapatkan informasi lengkap terkait pengembangan website bisnis di desa dengan harga spesial!


Anda juga bisa langsung melakukan konsultasi bisnis bersama tenaga profesional ahli APPKEY secara gratis! 


Jadi, jangan sia-siakan kesempatan membuka usaha di desa sukses secara online ini, ya. Kesempatan yang baik tentu tidak akan datang menghampiri dua kali.


Terima kasih juga sudah setia mengikuti artikel sampai di sini. Nantikan lebih banyak bahasan menarik dan bermanfaat lainnya seputar dunia bisnis hanya dari Markey. Sayonara!


The post 10 Strategi Usaha Online di Desa Sukses Terbukti Datangkan Omset Jutaan Perbulan first appeared on MARKEY.

source https://markey.id/blog/bisnis/business-chance/usaha-di-desa-sukses
Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

أحدث أقدم
close