4 Cara untuk Memperbaiki Kesalahan "Tidak Cukup Ruang Disk untuk Pembaruan Windows 10"

Konten [Tampil]

 4 Cara untuk Memperbaiki Kesalahan "Tidak Cukup Ruang Disk untuk Pembaruan Windows 10" | Mencoba memperbarui PC Windows 10 Anda tetapi tetap gagal karena Anda tidak memiliki cukup ruang disk? Mari tunjukkan beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.



Pembaruan Windows 10 menawarkan fitur terbaru dan peningkatan keamanan untuk sistem operasi Anda. Untuk alasan ini, Anda mungkin ingin memperbarui PC Anda secara teratur. Sebelum proses instalasi dimulai, Windows memeriksa untuk memastikan ada cukup ruang penyimpanan di drive internal Anda.


Jika Anda tidak memiliki cukup ruang disk, Anda akan melihat pesan pop-up yang berbunyi, Windows membutuhkan lebih banyak ruang . Ini seharusnya tidak menghentikan Anda untuk memperbarui PC Windows 10 Anda. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat mengatasi masalah ini.


Berapa Banyak Ruang Disk yang Anda Butuhkan untuk Memperbarui Windows 10?

Menurut Microsoft, Anda memerlukan setidaknya 32 GB ruang disk kosong untuk meningkatkan ke versi terbaru Windows 10 — baik Anda menggunakan OS Windows 32 atau 64 bit . Jika Anda memiliki kurang dari itu, Anda mungkin mengalami kesalahan "Windows membutuhkan lebih banyak ruang".


Pada beberapa perangkat, seperti tablet Windows 10 dengan hanya 16GB atau 32GB penyimpanan, Anda dapat menghemat lebih banyak ruang disk dengan menginstal Windows 10 Compact OS .


Jika tidak, berikut adalah empat cara Anda dapat mengosongkan ruang pada hard drive Anda agar Pembaruan Windows selesai.


1. Bersihkan Disk Drive Anda

Jika ruang disk tidak mencukupi untuk pembaruan Windows 10, Anda dapat membuat lebih banyak ruang dengan membersihkan drive tempat Windows 10 diinstal. Bagi kebanyakan orang, itu adalah drive C :.


Alat Pembersihan Disk Windows 10 dapat membantu Anda dalam hal ini. Ini akan melakukan pemindaian cepat pada drive Anda untuk file yang dapat Anda hapus dari PC Anda tanpa membuat perubahan pada Windows 10.


Menggunakan alat Pembersihan Disk adalah cara yang baik untuk membuat ruang disk yang cukup tanpa mempengaruhi file penting Anda. Inilah cara Anda mulai menggunakan alat ini:


Ketik Disk Cleanup di bilah pencarian menu Start Anda dan pilih Best Match.

Ketika Disk Cleanup: jendela Drive Selection muncul, pilih drive C: dan klik OK .

Saat jendela Disk Cleanup for Drive (C :) muncul, klik Clean up system files .

Pilih semua file yang ingin Anda hapus, dan klik OK untuk melanjutkan.



Untuk membuat lebih banyak ruang disk pada drive C :, Anda dapat secara manual menghapus beberapa file yang tidak lagi Anda perlukan.


Anda dapat mulai dengan menghapus folder bernama Windows.old , yang berisi semua data sebelumnya di versi OS sebelumnya. Ini adalah folder yang dibuat secara otomatis setiap kali Anda mengupgrade Windows 10. Hapus folder tersebut hanya jika Anda benar-benar puas dengan versi Windows 10 Anda saat ini dan tidak berniat untuk kembali ke OS lama.


2. Perluas Drive C: Menggunakan Manajemen Disk

Jika Anda tidak dapat mengosongkan cukup ruang disk pada PC Anda, maka sebaiknya Anda memperpanjang drive. Ini akan memberi Anda cukup ruang untuk pembaruan Windows 10. Tentu saja, perbaikan ini hanya berfungsi jika Anda memiliki ruang yang tidak terisi pada drive Anda, tetapi Anda selalu dapat memeriksa dan mencari tahu.


Inilah cara Anda dapat memperluas penyimpanan drive Anda.



  1. Ketik bagian disk di bilah pencarian menu Mulai dan pilih Pencocokan Terbaik.
  2. Ketika jendela Manajemen Disk muncul, periksa apakah ada ruang yang tidak terisi pada drive C: atau tidak. Jika Anda memiliki beberapa ruang yang tidak terisi, klik kanan drive C: dan pilih Perpanjang Volume untuk menambahkan ruang yang tidak terisi.

3. Ciptakan Lebih Banyak Ruang Dengan Menggunakan Perangkat Penyimpanan Eksternal


Jika Anda tidak memiliki cukup ruang disk di PC Anda, Anda dapat menggunakan perangkat penyimpanan eksternal untuk menyelesaikan pembaruan Windows 10. Untuk ini, Anda memerlukan perangkat penyimpanan eksternal dengan sekitar 10GB ruang kosong atau lebih, tergantung pada seberapa banyak ruang tambahan yang Anda butuhkan.

Untuk memulai, pilih Mulai> Pengaturan> Pembaruan & Keamanan> Pembaruan Windows> Periksa Pembaruan .



Windows akan memunculkan pesan kesalahan "Windows membutuhkan lebih banyak ruang". Di halaman pembaruan Windows, pilih Perbaiki masalah . Ini akan meluncurkan alat pembaruan Windows yang memungkinkan Anda memperbarui PC menggunakan perangkat penyimpanan eksternal. Dari sini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Hubungkan perangkat penyimpanan eksternal dengan ruang kosong yang cukup ke komputer Anda.
  2. Di halaman pembaruan Windows, Anda akan melihat opsi Perangkat Penyimpanan Eksternal dengan menu drop-down. Pilih perangkat penyimpanan eksternal Anda dari menu dan kemudian klik Next untuk melanjutkan.
  3. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penginstalan pembaruan. Setelah penginstalan selesai, Anda dapat melepas perangkat penyimpanan eksternal dengan aman dan memulai ulang PC Anda.

Sebelum menggunakan perangkat penyimpanan eksternal untuk memperbarui PC Anda, pastikan Anda membuat cadangan file penting Anda .

4. Temukan dan Hapus Program Besar yang Tidak Diinginkan Menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga


Anda mungkin mengalami masalah penyimpanan disk rendah karena file besar tersembunyi di suatu tempat di PC Anda. Windows menawarkan beberapa cara untuk menghapus perangkat lunak yang tidak diinginkan, tetapi mungkin sulit bagi Anda untuk menemukan beberapa program secara manual. Anda dapat dengan mudah menemukan dan menghapus program besar dengan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Ada banyak program perangkat lunak yang dapat Anda gunakan, tetapi kami merekomendasikan IObit Uninstaller dalam artikel ini. Itu pernah memiliki reputasi yang buruk untuk memaketkan perangkat lunak pihak ketiga dalam penginstalan, tetapi itu tidak lagi menjadi masalah.

Anda dapat menghapus semua program besar yang tidak diinginkan dengan perangkat lunak versi gratis. Berikut cara menggunakan perangkat lunak untuk menghapus program yang tidak diinginkan dari PC Anda:


  1. Unduh dan instal IObit Uninstaller versi gratis .
  2. Luncurkan IObit Uninstaller dan pilih Program Besar di panel sisi kiri.
  3. Semua program besar Anda akan ditampilkan di panel sisi kanan. Tandai semua program yang ingin Anda hapus dan klik tombol Uninstall .
  4. Sebuah jendela akan muncul yang bertuliskan, "Apakah Anda yakin ingin menghapus program yang dipilih?" Anda akan memiliki opsi untuk membuat titik pemulihan dan secara otomatis menghapus file sisa dengan mencentang kotak yang relevan. Klik Uninstall untuk menyelesaikan proses.

Perbarui PC Windows 10 Anda Kapan Saja


Memperbarui PC Windows 10 Anda adalah sesuatu yang harus Anda lakukan secara teratur. Ini melindungi PC Anda dari kerusakan sistem dan serangan malware. Namun, terkadang Anda akan menemukan kesalahan "Windows membutuhkan lebih banyak ruang" saat mencoba memperbarui Windows 10. Solusi dalam artikel ini akan membantu Anda memperbaiki ini.

Alih-alih berjuang untuk menemukan lebih banyak cara untuk memperbarui PC Anda ketika Anda tidak memiliki cukup ruang disk, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti hard drive Anda dengan yang lebih besar. Ini adalah solusi jangka panjang yang memastikan bahwa Anda tidak akan mengalami masalah penyimpanan disk di masa mendatang. Ini akan memungkinkan Anda menginstal pembaruan Windows 10 dengan mudah, kapan saja.

Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close