Ide Bisnis Instagram: 10 Cara Menggunakan Insta untuk Lebih dari Foto

Konten [Tampil]

Ide Bisnis Instagram: 10 Cara Menggunakan Insta untuk Lebih dari Foto | Ketika Anda mendengar "Instagram", apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Apakah pikiran Anda langsung tertuju pada foto? Klaim utama Instagram untuk ketenaran adalah bahwa ini adalah platform berbagi foto. Tapi tahukah Anda bahwa ide bisnis Instagram Anda bisa lebih dari sekadar foto? 



Dari periklanan hingga menawarkan saran dan motivasi ahli atau menjalankan kompetisi dan membangun hubungan dengan pengikut Anda, Instagram dapat digunakan untuk lebih dari sekadar berbagi foto. Jika Anda tidak menggunakan Instagram untuk lebih dari sekadar foto, ide bisnis Instagram ini akan meningkatkan visibilitas merek Anda, menumbuhkan basis pelanggan, dan meningkatkan ROI Anda.


Melampaui Visual: 10 Ide Bisnis Instagram 



Instagram adalah platform berbagi foto, jadi jelas semua ide bisnis Instagram ini akan membuat Anda memposting foto yang bagus, tetapi itu belum semuanya! Alih-alih hanya berfokus pada visual, kami akan menggali lebih dalam tentang gram dan menunjukkan kepada Anda cara memanfaatkan Instagram di luar kemampuan berbagi fotonya.


1. Tunjukkan lokasi Anda kepada orang-orang 


Yang pertama di daftar ide bisnis Instagram kami adalah membantu orang-orang dan menunjukkan kepada mereka di mana Anda berada! Mungkin bisnis Anda sulit ditemukan atau disembunyikan oleh bangunan lain di sekitarnya. Gunakan Instagram untuk menunjukkan kepada orang-orang apa yang harus dicari ketika menemukan bisnis Anda, di mana harus memarkir atau memberi mereka alamat persis Anda. Anda dapat memposting foto pintu depan Anda sehingga orang dapat tenang mengetahui bahwa mereka berada di tempat yang tepat. 


Good Dough merupakan toko donat yang memiliki pintu depan yang bentuknya mirip dengan pintu belakang. Ini mungkin membingungkan pelanggan ketika mereka datang untuk mencobanya untuk pertama kalinya sehingga mereka memutuskan untuk memposting beberapa instruksi bermanfaat di Instagram. Foto di depan pintu depan mereka dan keterangan mereka memberi tahu pelanggan bahwa ketika mereka melihat dinding taburan mereka berada di tempat yang tepat. Mereka juga memberikan instruksi parkir untuk memudahkan pelanggan untuk sampai ke toko mereka. Jika Anda mengklik halaman Instagram mereka, mereka juga memasukkan alamat jalan mereka di bio mereka.


2. Kontes 


Tahukah Anda bahwa Anda dapat menghasilkan uang secara online dengan memberikan barang-barang gratis? Memang benar dan Instagram adalah platform luar biasa yang digunakan untuk tujuan ini! Banyak sekali ide bisnis Instagram yang bisa Anda manfaatkan yang berbentuk kontes. 


Anda dapat menggunakan kontes Instagram untuk mendapatkan lebih banyak pengikut, membangun kesadaran dan kepercayaan merek, dan bekerja dengan influencer di pasar Anda. Mendapatkan pengikut itu mudah dengan kontes. Minta pengikut untuk mengikuti merek Anda untuk masuk. Anda dapat membangun kesadaran merek dengan memberi tahu pengikut Anda untuk menandai teman mereka. Ini akan memiliki efek domino jika Anda melakukannya dengan benar! Teman akan berbagi dengan teman dan pada akhirnya Anda akan memiliki orang yang mengenali merek Anda. 


Bekerja dengan influencer atau orang-orang yang sudah dipercaya oleh komunitas besar dapat meningkatkan merek Anda dan membantu Anda mendapatkan pengikut setia jika Anda melakukannya dengan benar.


Anda juga dapat menggunakan kontes untuk mempromosikan merek atau produk Anda serta menggunakannya untuk mempopulerkan hashtag Anda! Marvel Studios mendorong penggemarnya untuk membagikan memori favorit mereka dari film Black Panther dan menggunakan tagar mereka untuk memenangkan perjalanan ke pemutaran perdana film Avengers. Alih-alih mencantumkan semua aturan dan regulasi mereka, mereka memiliki tautan di pos mereka untuk para penggemar untuk mempelajari lebih lanjut tentang kontes. Ini kuncinya karena Anda tidak ingin postingan kontes Anda terlalu panjang sehingga orang tidak ingin membacanya. 


3. Inspirasi atau motivasi 


Setiap orang bisa menggunakan sedikit motivasi. Jika Anda adalah merek kebugaran atau nutrisi, Anda mungkin pernah menggunakan ide bisnis Instagram ini sebelumnya. Tetapi jika tidak, Anda juga dapat memanfaatkan strategi ini! Orang-orang suka ketika merek memberi semangat atau memberi mereka motivasi. Ini memanusiakan merek Anda dan memungkinkan Anda untuk beristirahat dari menjual produk Anda. 


Ini juga dapat membantu memberikan kepribadian pada merek Anda dan membantu orang mengidentifikasi diri Anda! Majalah Void memposting foto ini dengan caption “Wednesday Motivation” untuk mencerahkan hari pengikutnya. Posting seperti ini sesuai dengan branding mereka dan membantu mendiversifikasi Instagram mereka. Mereka juga menerima beberapa komentar positif di postingan mereka!


4. Jual produk Anda dengan Shoppable 


Posts Pernah melihat foto Instagram dengan label harga? Ini adalah salah satu ide bisnis Instagram terbaik yang pernah kami lihat! Anda dapat menunjukkan produk Anda dengan foto, mempromosikannya, dan menautkan langsung ke toko Anda. 


Bicara tentang meningkatkan penjualan! Bagian terbaik dari kiriman yang dapat dibeli adalah Anda dapat meningkatkannya seperti kiriman biasa yang memungkinkan Anda mengirimkan lalu lintas secara langsung untuk membeli produk yang mereka lihat di kiriman Anda. Huckberry merupakan salah satu brand yang sering memanfaatkan alat ini. 


Pelanggan dapat menelusuri gambar suatu produk, dan kemudian jika mereka menyukai tampilannya, mereka dapat membelinya! Huckberry melakukan pekerjaan luar biasa dengan foto produk mereka. Ini adalah kuncinya, terutama untuk postingan yang dapat dibeli. Jika Anda memiliki foto produk yang di bawah standar, pelanggan mungkin tidak akan mau membelinya dan postingan Anda akan memiliki interaksi yang rendah dan ROI yang rendah. 


5. Tunjukkan bahwa Anda ahlinya 



Pelanggan Anda akan meminta nasihat ahli dari Anda. Jangan mengecewakan mereka! Anda dapat menggunakan Instagram untuk menawarkan saran atau memberi tahu pengikut Anda. Anda harus melakukan ini sesering mungkin sehingga terintegrasi dengan baik ke halaman Anda dan memberikan pelanggan Anda konten yang menarik dan menarik untuk diserap. 


Nutrition Stripped mengajukan pertanyaan kepada pengikut mereka "Apa itu miso?" Mereka kemudian melanjutkan untuk menjawab pertanyaan dengan cara yang menyenangkan dan informatif! Ini memberi tahu pengikut mereka bahwa mereka adalah ahli di bidangnya. Meskipun judulnya lebih panjang dari kebanyakan, mereka telah memecahnya menjadi paragraf yang lebih kecil dan mudah dicerna. 


Mereka juga menawarkan resep yang menyertakan miso untuk dicoba oleh pengikut mereka. Perhatikan bahwa Nutrition Stripped juga membalas komentar yang merupakan cara terbaik untuk membangun hubungan dengan pengikut! Menggunakan posting seperti ini meningkatkan keandalan merek Anda dan memberi tahu pengikut Anda bahwa mereka dapat mempercayai Anda.


6. Buat pelanggan Anda menjawab pertanyaan 


Anda dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan tetapi sesekali membuat pelanggan Anda menjawab. Ini dapat meningkatkan keterlibatan dan kesadaran merek. Jika seseorang mengikuti merek Anda dengan iseng dan tidak tahu banyak tentang Anda, postingan seperti ini memberi mereka wawasan tentang seperti apa merek Anda. 


Luangkan waktu untuk memamerkan kepribadian merek Anda dan apa yang penting bagi Anda. Orang-orang akan mengingat ini di masa mendatang saat mereka akan melakukan pembelian. Parsley Health mengajukan pertanyaan kepada pengikut mereka, apakah Anda lebih suka kopi atau matcha? Mereka memberi pengikut mereka kesempatan untuk menjawab dan terlibat dengan mereka. 


Kemudian mereka menindaklanjuti dengan postingan lain yang mempromosikan produk mereka dalam format resep. Mereka memberikan beberapa latar belakang tentang manfaat kesehatan dari matcha serta mengapa shake mereka luar biasa! 


7. Promosikan produk baru Anda


Apa cara yang lebih baik untuk menunjukkan produk baru kepada pengikut Anda selain dengan Instagram? Jangan hanya memposting foto. 


Tulis salinan yang bagus yang membuat orang ingin mencobanya! Foto yang kuat dan salinan yang ditulis dengan baik membuat kiriman Instagram berdampak yang pasti akan membuat pengikut Anda kagum. Jika Anda memposting produk baru Anda membuat orang penasaran! Dan ingat: produk Anda hanya sebagus postingan Instagram Anda, jadi pastikan Anda memiliki gambar yang tajam dan keterangan yang bagus. 


Brass Tacks Coffee memposting tentang es matcha latte mereka. Meskipun ini telah menjadi menu utama mereka selama beberapa waktu, mereka telah mengubah bahan untuk menawarkan profil rasa yang baru. 


Mereka sepenuhnya menjelaskan minuman baru mereka dan memberi tahu pengikut mereka bahwa orang-orang yang telah mencobanya menyukainya! Mereka bahkan mendorong orang untuk datang dan mencobanya dengan mengatakan bahwa mereka tidak akan menyesalinya. 


8. Bangun hubungan dengan pengikut 


Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membangun hubungan melalui platform berbagi foto, tetapi itu lebih mudah dari yang Anda pikirkan! Jika Anda memposting pertanyaan dan mengharapkan jawaban, pengikut Anda mengharapkan balasan dari Anda atau merek Anda. 


Ini adalah cara yang menyenangkan untuk terlibat dengan orang-orang dan membangun hubungan baik. Membalas komentar bisa sesederhana menyetujui orang lain, mengucapkan terima kasih, atau memposting tanggapan cepat. Mereka tidak harus bertele-tele. Ini adalah cara sederhana untuk menunjukkan kepada pengikut Anda bahwa Anda peduli dengan apa yang mereka katakan. 


Nordstrom dikenal menanggapi komentar pengikut mereka, tetapi mereka tidak hanya menanggapi komentar yang baik. Penting untuk memastikan Anda juga membalas orang yang memiliki pengalaman buruk atau membutuhkan bantuan dengan layanan pelanggan. 


Tidak ada yang mau ditahan dengan dukungan selama satu jam, itulah sebabnya banyak orang menggunakan media sosial ketika mereka membutuhkan bantuan. Jika Anda menunjukkan bahwa Anda tersedia dan siap membantu, ini dapat membantu membangun hubungan Anda dengan pengikut Anda.


9. Gunakan gif atau cinemagraphs 


Anda mungkin tahu apa itu gif, tetapi apa perbedaan antara gif dan cinemagraph? Kedua ide bisnis Instagram ini akan menempatkan Anda di atas pesaing Anda. Gif mirip dengan video pendek yang diputar dalam satu lingkaran. 


Cinemagraphs menggabungkan fotografi dan videografi yang bagus dan hasilnya menakjubkan: Foto diam yang memiliki gerakan halus dan menarik perhatian pengguna berulang kali. Cinemagraph adalah masa depan gif dan mulai muncul di lebih banyak iklan yang kita lihat di media sosial. Ini adalah gif kopi. 


Ini adalah klip pendek dan menyenangkan yang berulang-ulang. Gif dapat berupa gambar kartun seperti ini atau klip orang sungguhan. Ini adalah cinemagraph kopi. Seperti yang Anda lihat, foto itu diam dan satu-satunya yang bergerak adalah aliran kopi. Ini hampir seperti gif yang lebih elegan. 


Gambar bergerak atau cinemagraphs benar-benar dapat menarik perhatian audiens Anda dan membuat mereka mengambil foto ganda pada postingan Anda. Membuat cinemagraph adalah proses yang sedikit berbeda daripada membuat gif, jadi hubungi profesional jika Anda merasa perlu bantuan! 


10. Gunakan video


Instagram bukan hanya untuk foto lagi. Video dapat memberi Anda keuntungan besar saat Anda menunjukkan kepada pelanggan suatu produk atau cara kerjanya! Tahukah Anda bahwa 87% pemasar online memasukkan konten video ke dalam strategi mereka? 


Jika Anda ingin bersaing dengan pesaing Anda, Anda perlu menggunakan video. Anda dapat menunjukkan foto produk Anda, tetapi terkadang video jauh lebih menarik. Dan Anda benar-benar dapat menunjukkan kepada pengguna apa yang dapat dilakukan produk untuk mereka. 


Whirlpool menggunakan video untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa mereka dapat mengontrol produk Whirlpool dari ponsel cerdas mereka. 


Ini adalah klip pendek tetapi mereka dapat menarik perhatian pengguna, menunjukkan kepada mereka fitur baru dan menunjukkan bahwa mereka peduli sambil juga memasukkan merek mereka.

Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close