Channel YouTube Sepi Subcriber ? Lakukan 10 Cara Mendapatkan Banyak Subcriber Di YouTube

Daftar Isi [Tampil]

10 Cara Mendapatkan Banyak Subcriber Di Youtube Dalam Waktu Singkat Dan Aman Untuk Monetisasi |  Memiliki jumlah subcriber hingga jutaan adalah impian setiap youtuber. Selain channel youtube semakin berkembang,dengan banyaknya jumlah subcriber juga bisa meningkatkan jumlah view yang otomatis pendapatan dari youtube pun meningkat. 



Namun,untuk mendapatkan ribuan,ratusan bahkan jutaan subcriber bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi pemula yang baru saja bergabung menjadi creator youtube,tentunya harus banyak belajar tentang youtube. 


2. Cara belajar YouTube bagi pemula


Sebagai seorang pemula yang baru saja berkecimpung di dunia youtube,hal utama yang harus di kuasai pemula untuk mengembangkan channel youtube ada 2 cara. Apa saja kah cara belajar youtube bagi pemula ?


0.1. SEO


Bukan hanya blogging saja yang membutuhkan sebuah SEO dalam mengembangkan blog. Youtube juga mempunyai sisi SEO yang harus dipelajari oleh kita,apalagi seorang pemula. 


SEO untuk youtube bermanfaat mengoptimalkan hasil pencarian di halaman pertama. Selain itu,SEO pada youtube juga salah satu faktor penting dalam tranding youtube. SEO untuk youtube bisa disebut sebagai tangga menuju kesuksesan channel. 


0.2. Algoritma YouTube


Bagi para senior youtube,tentunya dengan algoritma sudah tidak asing lagi. Namun bagi pemula seperti kalian, apakah paham apa itu algoritma youtube


Algoritma Youtube adalah sistem search and discovery. YouTube menyebut sistem algoritma mereka sebagai “search and discovery system”. Algoritma YouTube tak hanya menentukan video-video yang ditampilkan ketika Anda mengetikkan keywords pada kolom search, tetapi juga menentukan video-video yang akan muncul di bagian lainnya.


Jika sudah mempelajari dan memahami semua tentang SEO dan ALGORITMA YOUTUBE yang wajib bagi pemula, maka tahap selanjutnya adalah dengan mempelajari bagaimana cara mendapatkan banyak subcriber dalam waktu singkat dan aman. 


10 Cara Mendapatkan Banyak Subcriber Di Youtube Dalam Waktu Singkat Dan Aman Untuk Monetisasi


Sebetulnya banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menambah jumlah subcriber di channel youtube milik kalian yang aman dan bisa dimonetisasi. Tetapi disini saya akan memberikan tips 10 cara termudah dalam mendapatkan banyak subcriber dalam waktu singkat aman bagi pemula. 


1. Upload Video Bermanfaat Dan Rutin


Langkah awal dalam mendapatkan banyak subcriber dalam waktu singkat yang aman dan bisa dimonetisasi ini adalah langkah paling sulit dan berat untuk para youtuber . 


Layaknya mengelola sebuah channel youtube, kita dituntut untuk terus memberikan sebuah konten baru yang bermanfaat secara rutin . Lalu pertanyaannya adalah “dari mana kita bisa mendapat inspirasi baru untuk membuat video baru dan menarik banyak orang agar mendapatkan banyak viewer?”


Untuk bisa mendapatkan banyak refrensi video youtube yang menarik,kalian bisa ambil refrensi langsung dari youtube dengan mengetikan kata kunci sesuai topik yang ada pada channel youtube milik kalian. Jika sudah ketemu,maka tahap selanjutnya adalah Mencari, Mengamati dan Memodifikasi.


2 . Berikan Judul Pada Video Dengan Strategi Khusus Yang Menarik


Memberi judul pada sebuah video juga sangat sulit , judul pada sebuah video youtube adalah hal pertama yang berperan paling penting dalam keberhasilan sebuah video untuk mendapatkan banyak penonton . 


Meskipun sulit , namun kalian bisa menggunakan cara klasik yaitu memberi nama video dengan bantuan Youtube ralated search , untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah berikut ini :



Seperti pada gambar diatas , ketika kita mengetik kata “cara” maka akan muncul beberapa kalimat suggestion atau autocomplete yang secara otomatis diberikan pada kotak pencarian youtube .


Semua kalimat suggestion yang muncul tersebut adalah kalimat pencarian yang banyak dicari oleh orang di Youtube , dengan begitu kita bisa dengan mudah mengetahui video apa yang paling banyak dicari oleh orang .


3 . Buat Channel Youtube Dengan Tampilan Desain Yang Menarik


Foto dibawah adalah beberapa desain tampilan header channel youtuber game di Indonesia , dengan desain yang unik dan menarik maka orang akan dengan mudah mengingat dan mulai menyukai sebuah channel youtube .

tampilan desain header youtube
Contoh Header Tampilan Desain YouTube 


Setiap channel youtube harus memiliki desain khas nya tersendiri , jadi mulailah memikirkan desain channel youtube kalian agar bisa “kena” di hati para pengunjung channel youtube kalian .


4 . Gunakan Custom Thumbnails Yang Menarik Klik

Contoh Thumbnail Youtube


Biasanya setiap kita mengupload sebuah video pada youtube , youtube akan secara otomatis memberikan Thumbnail pada video kita dan terkadang Thumbnail tersebut tidak terlalu menarik untuk dilihat sehingga orang-orang yang melihat enggan untuk menonton video kita. 


Agar video kita lebih menarik dimata para pengunjung youtube , maka gunakanlah sebuah thumbnail custom yang lebih menarik dibanding thumbnail yang diberikan secara otomatis oleh youtube . Untuk membuar custom thumbnail youtube,kalian bisa menggunakan aplikasi picsay pro,pixel lab dan aplikasi editor lainnya. 


5 . Manfaatkan Annotation


Gambar dibawah ini adalah contoh penggunaan annotation yang terbukti efektif untuk menarik para penonton agar mau melakukan engagement .

Contoh gambar annotation


Kalian bisa menggunakan annotation dengan sebuah link , dengan annotation link kalian bisa mengarahkan penonton untuk :

  • Menuju halaman website tertentu
  • Menuju video lain yang ingin kalian tingkatkan jumlah viewers nya
  • Melakukan Subscribe pada channel youtube kalian
  • dan masih banyak lagi .

6 . Minta Penonton Untuk Subscribe dan Like Video



Seperti yang sudah dijelaskan pada poin no 5 , kalian bisa menggunakan annotation untuk meminta penonton melakukan subscribe pada channel youtube kalian .


Selain annotation , kalian bisa meminta penonton untuk subscribe atau like video kalian melalui kolom komentar atau dari dalam video yang kalian buat itu sendiri .


7 . Jadilah Diri Sendiri



Seperti pada artikel cara menjadi youtuber sebelumnya , tetaplah menjadi diri sendiri . Karena hanya ada sedikit orang yang suka dengan video youtube plagiat .


Saya juga menganalisa banyak sekali beberapa youtuber yang sangat-sangat tidak profesional dan sangat tidak kreatif sebagi konten kreator youtube. 


Jika kalian terus menerus menirukan youtuber lain , maka kalian akan mendapatkan penonton yang kurang berkualitas atau bahkan tidak berkualitas sama sekali dan tidak akan memberikan keuntungan yang baik untuk channel youtube kalian dalam jangka panjang .


Bisnis menjadi youtuber merupakan bisnis yang baru bisa kalian nikmati hasilnya dalam jangka waktu yang panjang , jadi kalian harus berinvestasi dengan konten yang berkualitas dan original jika ingin hasil yang maksimal .


8 . Buat Sebuah Video Trailer Yang Unik dan Menarik



Video Trailer Channel Youtube adalah sebuah video yang memiliki durasi yang tidak terlalu panjang namun efektif untuk menyampaikan suatu pesan perkenalan antara channel youtube kalian dengan para penonton . Video trailer biasanya terletak di depan video,biasanya video trailer ini berisi pesan atau kesimpulan pembahasan video. 


Bisa juga dikatakan bahwa video trailer dari sebuah channel youtube merupakan rangkuman tentang segala sesuatu yang channel youtube kalian berikan kepada penonton .


9 . Konsisten



Konsisten dengan apa yang kalian lakukan , terus upload video berkualitas dan pertahankan kualitas dari setiap video yang akan kalian upload . Meskipun ketika kalian upload video ke channel youtube dan video itu sedikit sekali yang menonton, 


maka saran saya adalah teruslah berkarya. Karena suatu saat nanti channel yang kalian kembangkan akan besar dengan berjalannya waktu dan pemahaman dalam bermain youtube.


Seperti yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya 15 Cara Menjadi Youtuber Sukses Dan Terkenal , agar menjadi youtuber sukses , kita harus mengupload sebuah video dengan jadwal yang konsisten .


10 . Jalin Interaksi Dengan Penonton



Balas setiap komentar yang ditulis oleh penonton pada setiap video yang kalian upload , dan jangan lupa untuk selalu meminta mereka agar melakukan subscribe , share dan like video yang mereka tonton dari channel youtube kalian .


Selain ramah terhadap para subcriber dan penonton, membalas komentar pada channel youtube juga dapat meningkatkan authority channel yang nantinya channel tersebut akan terlihat aktif dalam berinteraksi kemudian mendapatkan nilai lebih dari pihak youtube. 


Kesimpulan : 10 Cara Mendapatkan Banyak Subscriber Di Youtube Dengan Mudah,Aman Cepat Dan Bisa Dimonetisasi


Dan itulah tadi ke 10 Cara Mendapatkan Banyak Subscriber Di Youtube Dengan Mudah,Aman Cepat Dan Bisa Dimonetisasi, jika kalian merasa kesulitan dan ingin menyerah selalu semangat dan yakin bahwa kesuksesan karir youtuber kalian sebentar lagi akan terjadi .


Tidak ada kesuksesan yang instan , jadi buatlah target yang ringan dulu seperti “minggu ini aku harus dapat 1000 subscriber baru” , karena pewdiepie saja butuh bertahun – tahun lamanya dan mengupload ribuan video berkualitas untuk bisa mendapatkan subscriber sebanyak 43 juta seperti sekarang ini .

Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
adsense,Belajar Seo,Opini,Tips And Trick,Tutorial