9 Tips untuk Beriklan Iklan Facebook Terbaik (dengan Contoh)

Daftar Isi [Tampil]

 9 Tips untuk Beriklan Iklan Facebook Terbaik (dengan Contoh) | Meskipun ada pembicaraan bahwa jangkauan Facebook memudar, cukup jelas orang-orang menyukai situs tersebut lebih dari sebelumnya — 70% pengguna Facebook di AS masuk ke Facebook setiap hari, dibandingkan dengan 59% di Instagram, 38% di Twitter, 27% di Pinterest, dan 22% di LinkedIn, menurut statistik dari Pew Research Center. 

Semua pengguna ini menunjukkan potensi besar bagi pemasar, dan Facebook telah muncul sebagai salah satu platform periklanan terbaik untuk bisnis B2B dan B2C. Dalam beberapa tahun terakhir, karena jangkauan organik di Facebook telah menurun, pemasar yang cerdas telah beriklan di Facebook untuk mendapatkan hasil. 


Ada banyak hal yang harus disatukan untuk membuat iklan Facebook berhasil — Anda memerlukan penargetan yang tepat, gambar atau video yang bagus, dan salinan yang menarik. Hari ini, saya berfokus pada mengapa menulis itu penting dalam iklan Facebook, serta beberapa strategi tentang bagaimana Anda dapat menulis iklan Facebook hebat yang benar-benar mengonversi.


Mengapa Iklan Facebook Bekerja Dengan Sangat Baik 

Ada banyak sekali pengguna di Facebook, tetapi mengirimkan iklan ke dalam kehampaan tidak menghasilkan banyak sekali konversi. Kunci periklanan Facebook adalah penargetan. Facebook memiliki penargetan iklan terbaik dari situs manapun. 


Penargetan ini memungkinkan Anda untuk menjadi sangat spesifik tentang audiens yang dijangkau iklan Anda. Jika Anda menjual selang taman, Anda dapat menjangkau orang-orang yang tertarik dengan kebun sayur dan perbaikan rumah. Jika Anda menjual alat software-as-a-service (SaaS), Anda dapat menargetkan mereka yang pernah mengunjungi halaman landing di situs Anda. 


Berikut beberapa cara untuk menargetkan iklan Anda di Facebook:


  • Audiens kustom - memungkinkan Anda menargetkan pelanggan atau prospek yang ada 
  • Lokasi - memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan lokasi (kota, negara bagian, negara) Jenis kelamin - memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan jenis kelamin (pria atau wanita) 
  • Minat - memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan minat (seperti kebugaran, kewirausahaan, mode, sastra)
  • Perilaku - memungkinkan Anda menargetkan berdasarkan perilaku masa lalu, seperti seseorang yang mengunjungi situs web Anda 
  • Koneksi - memungkinkan Anda untuk menargetkan oleh orang-orang yang sudah menyukai halaman Anda, atau yang memiliki koneksi yang menyukainya

Lihat infografis epik ini untuk melihat semua opsi penargetan iklan Facebook secara mendetail.

Dua Jenis Iklan Facebook 


Ada dua jenis iklan Facebook yang dapat digunakan pemasar:

1. Posting Bersponsor 

Posting sponsor Facebook muncul langsung di Facebook Newsfeed. Pengguna melihat iklan saat mereka bergulir, dan fiturnya sama mencoloknya dengan kiriman dari teman dekat. Berikut adalah contoh postingan bersponsor dari Farm Hill



2. Iklan Kolom Kanan 


Iklan kolom sebelah kanan muncul — Anda dapat menebaknya! —Di kolom kanan feed Facebook. Iklan ini lebih kecil, tetapi tidak dapat di-scroll seperti postingan di News Feed. Pemasar sering menggunakan iklan kolom kanan untuk tujuan penargetan ulang. Berikut contoh iklan kolom di sebelah kanan dari West Elm


Tetapi Apakah Copywriting untuk Iklan Facebook Benar-benar Penting? 


Iya! Saat Anda membayangkan iklan Facebook, Anda mungkin memikirkan gambar yang besar. Gambar penting dalam Iklan Facebook, tetapi copywriting juga penting. Jika Anda menghabiskan uang untuk iklan Facebook, Anda ingin memastikan iklan tersebut berfungsi dengan baik. 


Copywriting iklan yang baik dapat membujuk audiens Anda untuk mengklik ke situs Anda. Copywriting yang baik berfungsi sebagai panduan — ini menunjukkan kepada orang-orang ke mana mereka harus pergi. Salinan iklan yang bagus dapat membujuk, menggairahkan, dan menghibur. Itu membuat koneksi, memotong informasi berlebih, dan membuat pilihan untuk melanjutkan tampak jelas. Itu adalah bagian penting dari iklan yang sukses. 


Jadi, inilah cara melakukannya: Gunakan prinsip-prinsip ini untuk menulis iklan sebaik mungkin.


9 Strategi Beriklan Di Facebook Terbaik Untuk Anda


1. Gunakan Penargetan Facebook untuk Mempersempit Audiens Anda


Kapan itu datang ke penjualan online, sangat menggoda untuk menulis seperti Anda berada di atas panggung di sebuah konferensi. Tetapi jika Anda ingin efektif, Anda harus menulis seolah-olah Anda sedang menulis kepada satu orang — dan satu orang saja. 


Orang ini, target Anda, adalah orang yang perlu Anda bujuk dan bujuk. Seolah-olah Anda adalah seorang penjual langsung, Anda perlu memfokuskan semua perhatian Anda pada orang ini dan kebutuhan mereka. Di situs web Anda, Anda harus menulis salinan yang berbicara kepada semua pelanggan potensial, dan Anda mungkin memiliki beberapa kepribadian yang berbeda. Di Facebook, bagaimanapun, Anda dapat menargetkan audiens Anda secara sempit. 

Seperti apa penerapan tip Iklan Facebook ini? Berikut contohnya. Anda dapat menargetkan iklan Anda kepada wanita berusia di atas 30 tahun yang tinggal di AS dan tertarik dengan kebugaran dan kebugaran. Kemudian Anda dapat menulis iklan bertarget yang berbicara kepada audiens yang sangat spesifik tersebut.


2. Tulis Iklan Facebook Berbeda untuk Orang Berbeda 



Ini sejalan dengan ide penargetan. Pelanggan Anda berpaling kepada Anda karena berbagai alasan, jadi mengapa Anda menggunakan satu iklan selimut? Kekuatan Facebook adalah kemampuannya untuk menargetkan, jadi jangan perlakukan iklan Anda seperti papan reklame. 

Misalnya, bayangkan Anda adalah pengecer pakaian. Anda menjual pakaian pria dan wanita, serta sepatu, aksesori, pakaian aktif, pakaian dalam, dan bahkan produk mandi dan tubuh. Banyak pelanggan akan tertarik pada beberapa hal yang Anda tawarkan, tetapi banyak yang akan sangat tertarik pada satu bidang. Sederhananya, wanita akan tertarik dengan apa yang Anda miliki untuk wanita. 

Saya suka iklan video dari Old Navy yang mempromosikan pakaian olahraga ini. Iklan ditargetkan kepada mereka yang mencantumkan kebugaran sebagai minat. Dengan cara ini, Old Navy menjangkau audiens yang tepat dengan iklannya.


3. Pastikan Salinan Iklan Facebook Anda Sesuai dengan Visual Anda 


Banyak bisnis kecil dan bahkan yang lebih besar, terutama di ruang B2B tidak memiliki banyak visual. Saat tiba waktunya untuk menjalankan iklan, ada kekacauan untuk memastikan gambar sudah terpasang. Hal ini dapat menghasilkan gambar yang tidak sesuai dengan salinannya, sehingga memberikan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi pengguna Facebook. 

Jika salinan dan gambar tidak sesuai, mereka akan bertanya-tanya iklan apa yang sebenarnya diiklankan. Mereka cenderung tidak akan mengeklik, dan iklan Anda akan sia-sia. Starbucks menggabungkan tiga gambar untuk menciptakan visual yang bagus untuk kampanye "#StarbucksDate Terbesar di Dunia". 

Salinannya menyebutkan "french press caffe Verona & a chocolate brownie," yang kemudian divisualisasikan dalam foto. Dengan cara ini, Starbucks mengingatkan pemirsanya tentang apa yang akan mereka dapatkan dengan datang ke kedai kopi, menghasilkan iklan Facebook yang efektif.


4. Tetap Fokus dengan Satu Ajakan Bertindak (call-to-action)



Iklan Facebook terbaik memiliki tujuan yang jelas. Apakah Anda mencoba meningkatkan kesadaran merek, mendapatkan petunjuk, atau menjual produk? Apa pun yang terjadi, iklan Anda harus memiliki ajakan bertindak yang jelas. Tanpanya, pengguna Facebook akan melihat iklan Anda, tetapi mereka tidak tahu ke mana harus mengklik, atau apa yang harus dilakukan. Society6 menjual casing iPhone, dan mereka memamerkan produknya di iklan Facebook. 

Namun iklan tersebut lebih dari sekadar gambar casing iPhone yang cantik — iklan tersebut memiliki tombol ajakan bertindak ("Belanja Sekarang") yang mendorong pengguna untuk datang ke situs web Society6 untuk menjelajahi, berbelanja, dan akhirnya membeli.


5. Tetap Singkat dan Pimpin 


dengan Nilai Anda membayar untuk sebuah iklan, jadi Anda mungkin tergoda untuk menjejalkan sebanyak mungkin. Anda harus menjelaskan produk Anda kepada orang-orang. Namun, jika menyangkut iklan Facebook, Anda harus membuatnya tetap pendek, dan memimpin dengan nilai. 


Apa yang didapat seseorang dari menggunakan produk Anda? 

Bagaimana itu akan membantu mereka? 

Ini adalah area yang harus Anda fokuskan dalam salinan Anda, dan Anda harus menyampaikan poin-poin ini dengan cara yang jelas dan ringkas. Misalnya, TaskRabbit membantu orang mempekerjakan orang lain untuk menyelesaikan tugas pribadi, tetapi nilainya adalah bahwa pengguna dapat menyelesaikan semuanya saat mereka sibuk dan kewalahan. 

Dalam iklan berikut, TaskRabbit membagikan nilainya dengan salinan: "Menyelesaikan semuanya lebih mudah dari yang Anda pikirkan," "Pekerjakan seorang pemberi tugas sebagai gantinya," dan "Kami sudah menyelesaikan tugas." Hanya tiga kalimat yang sepenuhnya menjelaskan nilai layanan.


6. Gunakan Bahasa Sederhana yang Mudah Dipahami 


Copywriting bukanlah sastra tinggi. Mungkin Anda seorang penyair di perguruan tinggi, tetapi bahasa berbunga-bunga akan mengacaukan pesan Anda. Saatnya memotong verbositas. Prioritas nomor satu Anda seharusnya menulis iklan Facebook yang mudah dipahami untuk siapa saja, bahkan siswa kelas 5. 



Saat seseorang melihat iklan Anda, mereka harus segera mengetahui:


  • Apa yang Anda tawarkan 
  • Bagaimana itu menguntungkan mereka
  • Apa yang harus dilakukan selanjutnya

Itulah mengapa saya menyukai postingan bersponsor dari SoFi ini, yang membantu orang-orang mendanai kembali pinjaman pelajar mereka. Salinan di iklan Facebook ini sangat sederhana: Lunasi pinjaman lebih cepat. SoFi menjelaskan apa yang ditawarkannya (refinancing pinjaman), manfaat (melunasi pinjaman lebih cepat), dan apa yang harus dilakukan selanjutnya (ajukan sekarang).


7. Jujur Tentang Angka 


Jika Anda menjual produk fisik, orang ingin tahu berapa harganya. Jika Anda menjalankan obral, orang ingin tahu berapa persen mereka akan turun. Strategi copywriting yang berhasil? Pimpin dengan angka. 



Misalnya, Ball Honda, sebuah dealer mobil di San Diego, mensponsori iklan Facebook yang menjelaskan tentang berapa biaya untuk mendapatkan sebuah mobil. Mereka berbagi kesepakatan yang bisa didapatkan orang jika mereka menyewa CRV, dan memberikan tanggal kapan promosi berakhir. Mereka tidak menampilkan iklan kepada semua orang di San Diego — mereka menargetkan mereka yang telah mengunjungi situs web mereka. 


Iklannya tidak terlalu seksi, tetapi sangat membantu, dan secara efektif mengingatkan orang untuk datang ke dealer mereka saat mereka siap membeli mobil.


8. Dapatkan Beberapa Perspektif 


Anda bekerja untuk memasarkan merek Anda setiap hari, jadi mungkin sulit untuk mundur dan memastikan salinan untuk iklan Facebook Anda beresonansi. Gulir feed Facebook Anda sendiri dan lihat iklannya. 



Yang mana yang membuat Anda ingin mengklik? 

Yang mana yang Anda gulir lewat? 


Ide yang bagus untuk mendapatkan perspektif dari seseorang selain diri Anda sendiri. Anda dapat menyewa penulis atau editor lepas untuk menulis iklan untuk Anda, atau membantu Anda bertukar pikiran. 


Anda juga dapat menampilkan iklan kepada beberapa rekan kerja, terutama yang berada di luar departemen pemasaran, untuk melihat apakah menurut mereka itu efektif. Teman dan keluarga — orang di luar bisnis juga dapat membantu. 


9. Uji Teks Iklan Anda


 Satu-satunya cara Anda dapat meningkatkan salinan iklan Facebook Anda adalah jika Anda menjalankan tes. Facebook mempermudah pengeluaran sejumlah kecil uang untuk mencoba berbagai hal. 



Pada akhirnya, satu-satunya cara untuk memastikan karya copywriting Anda bekerja adalah melalui pengalaman. Coba jalankan dua iklan berbeda — masing-masing dengan gambar yang sama, tetapi salinan yang berbeda — untuk melihat mana yang paling sesuai dengan audiens Anda. 


Versi mana yang paling banyak disukai, komentar, dan konversi? Misalnya, Post Planner memposting iklan yang sama, tetapi mengubah salinannya. Dalam satu iklan, mereka mengajukan pertanyaan. Di iklan kedua, mereka membuat pernyataan. Ini adalah perubahan salinan yang halus, tetapi bisa menjelaskan perubahan besar dalam hasil.



Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar : Pejalan Wisata
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
adsense,Belajar Seo,Tips And Trick,Tutorial