Resep Pacar Cina untuk Olahan Takjil

Konten [Tampil]

Saat bulan Ramadan, pacar cina atau sagu mutiara merupakan salah satu bahan yang laris dicari orang untuk mengolah berbagai menu takjil. Hampir semua hidangan atau menu buka puasa, seperti es campur, bubur sumsum, dan kolak diolah dengan menggunakan pacar cina.



Sajian berbentuk butiran kecil cukup terkenal di berbagai negara kawasan Asia Timur dan Tenggara. Rasa yang netral dari olahan tepung tapioka ini dijadikan campuran pada aneka es dan camilan manis.


Bahan takjil ini banyak di jual di pasar. Namun, Sweet Couple juga bisa membuatnya sendiri. Cara mengolahnya sangat mudah dan hasilnya bisa banyak. Mau tahu resep pacar cina yang kenyal dan enak? Yuk, simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini.


Bahan Resep Pacar Cina

Siapkan bahan-bahan berikut ini


  • 150 gram tapioka
  • 120 ml air mendidih
  • Sejumput garam
  • Pewarna sesuai selera

Alat Masak Resep Pacar Cina

Siapkan alat-alat masak berikut ini:


  • Panci
  • Wadah
  • Sendok kayu
  • Pisau
  • Saringan

Cara Membuat Sagu Mutiara Super Praktis


  1. Siapkan wadah. Campurkan tepung tapioka dan garam dalam wadah.
  2. Tuangkan air mendidih. Aduk dengan cepat menggunakan sendok kayu.
  3. Kemudian uleni dengan tangan sampai adonan kalis (hati-hati karena adonan agak panas)
  4. Bagi adonan ke dalam beberapa wadah sesuai selera untuk diberikan pewarna yang berbeda.
  5. Jika adonan masih lembek, silakan tambah tepung saat membuat adonan. Lalu kalau adonan masih terasa sangat keras, berikan air panas lagi. Kemudian uleni adonan sampai lembut dan kalis.
  6. Gilas tipis adonan. Kemudian potong kecil berbentuk dadu, adonan dua warna merah dan putih digilas tipis langsung ditumpuk, tekan dan ratakan, baru dipotong-potong.
  7. Masak air hingga mendidih. Kemudian masukkan adonan yang telah dipotong-potong. Masak sampai adonan mengapung dan agak bening.
  8. Angkat sagu mutiara dengan saringan. Kemudian masukkan sagu mutiara ke dalam wadah berisi air dingin supaya tidak saling lengket.
  9. Setelah tidak lengket, angkat dan tiriskan.

Pacar cina sudah jadi dengan sempurna dan siap diolah sebagai bahan pelengkap berbagai menu buka puasa yang menyegarkan. 


Wah, ternyata resep pacar cina cukup mudah dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Daripada beli pacar cina atau sagu mutiara di pasar, lebih baik membuat sendiri di rumah. Hasilnya akan lebih banyak.

Resep disadur dari lifestyle.okezone.com



source https://sweetrip.id/kuliner/resep-pacar-cina-olahan-takjil/
Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close