Resep Bakso Tahu ala Mama Ina. Tanpa Daging Loh!

Konten [Tampil]

Sweet Couple sering nonton YouTube? Apakah kenal dengan Mama Ina? Beliau merupakan salah satu ibu rumah tangga yang memiliki channel YouTube tentang masak memasak dengan bahan praktis dan ekonomis. Salah satu yang ia kreasikan yakni resep bakso tahu ala mama Ina.


Dengan kreativitasnya, Mama Ina mengolah tahu menjadi bakso. Selama ini mungkin sweet couple pahamnya kalau bakso itu terbuat dari daging. 


Di sini, baksonya juga bukan gabungan bakso urat dengan tahu, tetapi benar-benar bakso yang berbahan dasar tahu. Bahkan menurut Mama Ina, citarasanya lebih enak daripada bakso daging sapi biasa.


Pasti Sweet Couple penasaran kan seperti apa sih resep bakso tahu ala Mama Ina? Kalau begitu, langsung saja yuk simak ulasan lengkap resepnya berikut ini!


Bahan Resep Bakso Tahu ala Mama Ina

Siapkan bahan-bahan berikut ini:


Bahan Utama


  • 10 buah tahu
  • 3 sendok makan tepung tapioka
  • 5 sendok makan tepung terigu

Bahan Bumbu


  • 6 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • Kaldu bubuk Royco Ayam
  • Merica bubuk
  • Garam
  • Gula pasir

Cara Membuat Bakso Tahu ala Mama Ina


  1. Siapkan wadah besar, masukkan potongan tahu ke wadah yang besar, haluskan dengan cara ditumbuk menggunakan ulekan. Jika dirasa sudah halus, maka akan peraslah tahu agar kandungan airnya hilang dan tahunya tidak lembek. Pindahkan tahu ke kain bersih. Peras tahunya terlebih dahulu agar airnya keluar semua, lalu kembalikan ke wadahnya.
  2. Siapkan bawang merah dan bawang putihnya, lalu potong-potong. Jangan terlalu tipis memotongnya.
  3. Siapkan Wajan dan panaskan minyak goreng di dalamnya. Masukkan potongan bawang merah dan bawang putih, lalu goreng hingga harum. Jika sudah harum, maka matikan api dan tiriskan.
  4. Haluskan bawang merah dan bawang putih tadi dengan menggunakan ulekan. Pindahkan bumbu halus ini ke wadah berisi adonan tahu. Tambahkan lada bubuk sebanyak 1 sendok teh, gula pasir, garam, kaldu bubuk ayam sebanyak 1 bungkus, tapioka 3 sendok makan, dan tepung terigu 5 sendok makan. Campur seluruhnya dengan menggunakan tangan hingga merata.
  5. Tambahkan 1 butir telur dan campur kembali. Uleni adonan hingga halus dan tidak lembek sehingga nanti bisa dibuat untuk bulatan bakso.
  6. Bulat-bulatkan adonan. Ukuran besar atau kecilnya bisa disesuaikan dengan selera.
  7. Siapkan air dan panci, lalu rebus hingga mendidih. Sembari mendidih, lanjutkan bulatkan adonan sampai habis. Tambahkan 1 sendok makan minyak sayur ke dalam air mendidih.
  8. Masukkan bulatan adonan bakso ke dalam panci satu per satu dan rebus hingga mengapung. Setelah semuanya mengapung, biarkan selama 5 menit agar bakso matang sempurna.
  9. Tiriskan bakso yang sudah matang. Sisihkan sejenak.
  10. Siapkan wajan, masukkan 2 sendok makan minyak goreng. Masukkan 5 siung bawang putih yang ditumbuk dan tumis hingga harum. 
  11. Tambahkan 4 gelas air. Masukkan daun seledri, garam, dan kaldu bubuk. Tambahkan pula gula pasir dan masak hingga mendidih. Jangan lupa juga tambahkan lada bubuk.
  12. Tambahkan daun bawang dan tunggu hingga mendidih. Jika sudah, maka matikan api.
  13. Bakso Tahu siap untuk disajikan.

Ternyata seperti itu ya Sweet Couple langkah-langkah membuat resep Bakso Tahu ala Mama Ina. Mungkin terlihat agak bertahap, tetapi bukan berarti tidak bisa dicoba sendiri di rumah ya. Semua bisa dicoba asal ada bahan, alat, dan tentu saja niatnya.


Sweet Couple juga bisa langsung menyimak resepnya versi video di bawah ini!

Resep disadur dari Mamaina.id



source https://sweetrip.id/kuliner/resep-bakso-tahu-ala-mama-ina/
Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close