5 Aplikasi untuk Menemukan Kebahagiaan dan Berhenti Menjadi Sedih

5 Aplikasi untuk Menemukan Kebahagiaan dan Berhenti Menjadi Sedih

Konten [Tampil]

 5 Aplikasi untuk Menemukan Kebahagiaan dan Berhenti Menjadi Sedih | Kebahagiaan adalah tujuan yang diinginkan dalam kehidupan kita yang penuh stres. Gunakan alat yang didukung sains ini untuk menemukan jalan Anda sendiri menuju kebahagiaan dan mempertahankannya.



Kebahagiaan adalah pengejaran universal bagi manusia, dan entah bagaimana selalu di luar jangkauan. Situs web dan aplikasi ini membantu Anda menemukan cara untuk menjadi bahagia melalui sains dan praktik.


Perserikatan Bangsa-Bangsa menandai 20 Maret sebagai Hari Kebahagiaan Internasional untuk mengakui ini sebagai tujuan yang harus dicapai baik oleh masyarakat maupun pemerintah. Meskipun Anda dan saya tidak dapat mengontrol bagaimana pemerintah akan berperilaku, kita dapat mengontrol kebahagiaan dalam hidup kita sendiri.


Caranya banyak, seperti memahami apa yang membuat kita bahagia melalui kursus yang didukung sains online, atau mendapatkan tugas kebahagiaan sehari-hari, atau teknik baru dalam meditasi. Temukan percikan kegembiraan dalam diri Anda, dan pertahankanlah.


1. The Science of Happiness (Web): Kursus dan Podcast Online 6-Minggu Gratis


University of California Berkeley memiliki seluruh pusat penelitian yang didedikasikan untuk akar welas asih, kebahagiaan, dan altruisme, yang disebut Greater Good Science Center (GGSC). Direktur dan Direktur Sains GGSC menerapkan temuan mereka dalam kursus enam minggu untuk mengajarkan psikologi positif serta prinsip dan praktik untuk kehidupan yang bahagia dan bermakna.


The Science of Happiness adalah MOOC gratis dan mandiri yang tersedia di EdX. Melalui kursus ini, Anda akan mempelajari temuan GGSC tentang bagaimana hubungan sosial dan berkontribusi pada tujuan yang lebih besar adalah inti dari kebahagiaan. Ini juga mengajarkan strategi dan pelajaran praktis untuk menggunakannya setiap hari untuk menumbuhkan kebahagiaan dalam diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda.


Setelah Anda menyelesaikan kursus enam minggu, Anda dapat terus mempelajari lebih lanjut tentang kebahagiaan di podcast The Science of Happiness . Dirilis dua minggu sekali, buku ini membahas strategi teruji penelitian terbaru untuk membangun kebahagiaan, bersama dengan tip berguna seperti "praktik kebahagiaan" reguler untuk menghadirkan kegembiraan dalam hidup Anda.


2. Tracking Happiness (Web): 9 Cara Terbaik untuk Menjadi Lebih Bahagia


Melacak Kebahagiaan adalah sumber yang luar biasa untuk menemukan berbagai studi, nasihat, teknik, dan informasi lain tentang kebahagiaan. Pendiri Hugo Huijer telah melacak kebahagiaan dalam hidupnya sendiri dan menemukan metode yang bisa berhasil untuk siapa saja. Idenya adalah memberi kebahagiaan Anda peringkat dari 1 hingga 10, dan melacaknya secara teratur. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang itu di situs web dengan kata-katanya sendiri.


Huijer juga telah membuat artikel paling komprehensif tentang kebahagiaan yang kami temukan secara online. Mengumpulkan 150+ artikel dan tip, How To Be Happy: Complete Guide menjelaskan apa arti kebahagiaan bagi Anda, dan bagaimana mencapainya. Tim di Tracking Happiness telah menyaring saran dari beberapa ahli menjadi sembilan cara terbaik untuk menjadi lebih bahagia. Setiap poin dalam mega-panduan ini didukung oleh penelitian dan contoh, tetapi ditulis dalam istilah sederhana untuk dipahami dan diterapkan oleh siapa saja.


Ini adalah bacaan yang panjang, jadi Anda mungkin ingin mengonversinya menjadi PDF atau ebook untuk membacanya secara offline nanti. Anda juga dapat mencari cara lain untuk mengirim situs web ke Kindle Anda .


3. Feel Better (Android, iOS): Sesi Kebahagiaan dan Mood Diary



Feel Better mendorong Anda untuk membuat pilihan yang lebih bahagia saat Anda tidak bahagia

Aplikasi Feel Better menggunakan sesi kebahagiaan terfokus seperti mencantumkan lima ucapan terima kasih dan merenungkannya selama 30 detik

Bagian Inspirasi Feel Better penuh dengan video untuk membuat suasana hati Anda lebih baik

Feel Better menganggap bahwa pikiran modern tidak dilatih untuk mati dengan mudah, sehingga kebutuhan saat ini mengubah suasana hati dengan cepat. Saat Anda ingin merasa bahagia, cobalah salah satu sesi kebahagiaan terfokus yang berbeda di Feel Better.


Misalnya, ia akan meminta Anda untuk membuat daftar lima hal yang Anda syukuri, dan kemudian memulai sesi fokus 30 detik untuk merefleksikan daftar Anda. Terkadang, hanya itu yang diperlukan. Tetapi Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dan berfantasi, meluangkan waktu lima menit untuk membuat daftar kehidupan impian Anda yang terakhir. Atau gerakkan tubuh Anda, atau daftar lima keinginan, dan seterusnya.


Intinya, Feel Better memberi Anda alasan untuk keluar dari suasana hati Anda saat ini dan fokus pada keadaan yang lebih bahagia. Tab Inspirasi juga menyajikan video untuk memicu kebahagiaan, tawa, dan kegembiraan.


Feel Better juga berfungsi sebagai buku harian suasana hati, menanyakan bagaimana perasaan Anda setiap kali Anda memulainya. Jika Anda mendaftar untuk aplikasi, itu juga akan melacak riwayat suasana hati Anda dan memberikan wawasan dan statistik.


Unduh: Feel Better untuk Android | iOS (Gratis)


4. Aksi untuk Kebahagiaan (Web, Android, iOS, YouTube): Kursus Kebahagiaan 10 Hari, Jejaring Sosial, dan Tugas Harian


Orang-orang dapat membagikan pemikiran mereka tentang Action for Happiness, bekerja seperti jejaring sosial kebahagiaan

Action for Happiness adalah organisasi yang berusaha membangun masyarakat yang lebih bahagia. Ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini, dan semuanya layak untuk dicoba.


The 10 Days of Happiness program pembinaan online gratis, seperti suara nama, kursus email 10-hari. Anda akan mendapatkan aktivitas berbasis penelitian baru setiap hari yang mempromosikan rasa kepuasan dan kepuasan. Dan setelah selesai, Anda menulis tanggapan untuk aktivitas itu.


Aplikasi Action for Happiness menawarkan tugas atau pengingat kebahagiaan harian. Setiap bulan memiliki temanya sendiri (seperti Mindful March atau Friendly February), dan Anda dapat mendownload kalender penuh warna ini secara gratis. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai jejaring sosial untuk komunitas kebahagiaan. Bagikan perasaan suka, duka, syukur, atau apa pun, dan Anda akan menemukan orang lain dengan pandangan berorientasi kebahagiaan untuk dibagikan dengan Anda.


Anda juga harus melihat saluran YouTube Action for Happiness , yang secara teratur mengadakan acara dengan pembicara motivasi terkenal, pendukung kebahagiaan, dan lainnya yang mencoba memicu kegembiraan pada setiap orang. Di saluran tersebut, Penulis Vanessa King juga memberikan video pendek bulanan untuk tema tersebut, serta video lainnya dengan tips praktis.


Unduh: Action for Happiness untuk Android | iOS (Gratis)


5. Kebiasaan Bahagia (Web, Android, iOS): Pelatihan Kebahagiaan dan Meditasi Unik


Guru meditasi dan dermawan Fleur Chambers percaya kebahagiaan terletak pada mengingatkan diri kita sendiri untuk bahagia dari dalam. Ini adalah kebiasaan yang perlu Anda kembangkan secara perlahan, hampir melatih kembali otak Anda. Chambers menciptakan The Happy Habit, serangkaian kursus online, pelatihan audio, dan aplikasi untuk membantu Anda menumbuhkan kebahagiaan.


Anda bisa merasakan apa yang ditawarkan Chambers melalui sampel pelatihan audio 13 menit , yang merupakan ceramah tentang kebahagiaan dan meditasi terpandu. Suaranya yang tenang dan menenangkan menjelaskan bagaimana Anda perlu mencari jalan menuju kebahagiaan dari dalam, daripada mencari rangsangan eksternal, dan membahas beberapa metode untuk itu. Jika Anda menyukai apa yang Anda dengar, Anda mungkin ingin mendaftar ke salah satu dari tiga kursus berbayar.


Aplikasi Happy Habit adalah serangkaian latihan yang berorientasi pada kebahagiaan. Meskipun secara teknis disebut meditasi, ini tidak seperti aplikasi meditasi lainnya untuk mencapai ketenangan . Happy Habit memiliki tiga bagian: Buat, Jelajahi, dan Tumbuhkan. Ciptakan adalah meditasi dengan panduan audio yang Anda kenal, dan mendorong Anda untuk mencobanya sebagai tantangan kebiasaan 10 hari. Jelajahi mengubah meditasi menjadi praktik menulis, meminta Anda untuk mengambil pena dan menulis jalan menuju kebahagiaan. Tumbuh adalah rangkaian meditasi untuk berbagai jenis kebutuhan. Setiap bagian memiliki beberapa elemen gratis dan beberapa yang berbayar, dan Anda dapat membeli aplikasinya jika Anda menyukai bit gratisnya.


Unduh: Kebiasaan Bahagia untuk Android | iOS (Gratis)


Media Sosial Membuat Anda Tidak Bahagia

Banyak penelitian mengaitkan penggunaan media sosial dengan ketidakbahagiaan . Dari berita buruk yang terus-menerus dan informasi yang berlebihan hingga perbandingan yang tidak realistis dan beracun, media sosial terlalu sering membuat kita terlalu sering mempercayai yang terburuk.


Aplikasi dan situs dalam artikel ini melakukan yang terbaik untuk membuat Anda bahagia. Dan itu lebih penting dari sebelumnya karena Anda tidak dapat benar-benar keluar dari media sosial di zaman sekarang ini. Jika Anda tidak dapat mematikan media sosial, setidaknya memiliki alat ini dapat membantu.

Baca Juga :

Artikel Rekomendasi :

Lebih baru Lebih lama
close