Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Dan Ide Kiat Sukses Memulai Membangun UKM Agar Mampu Bersaing

Berbicara soal usaha mikro,kecil dan menengah (umkm) maka tidak akan lepas dari yang namanya pergerakan roda perekonomian indonesia. Di kutip dari kementrian koperasi dan UKM,para perintis usaha mikro,kecil dan menengah (UMKM) menyumbang angka 60,34% pada PDB. Artinya sekitar 60% produksi barang berasal dari UMKM.

Usaha mikro,kecil dan menengah (UMKM) terbagi menjadi tiga kategori,yaitu ;


  • Usaha Mikro
  • Usaha Kecil
  • Usaha Menengah

Sebelum beranjak pada pembahasan pokok,alangkah baiknya kita mengenal satu persatu dari tiga kategori UKMK tersebut. Hal ini bertujuan agar anda dapat memilih dan menargetkan sesuai kemampuan,entah itu kemampuan tentang keahlian dan kemampuan tentang omzet.


Usaha Mikro

Usaha mikro adalah usaha produktif dengan aset kurang dari 50 juta dengan omset maksimal 300 juta rupiah 

Usaha Kecil

Usaha menengah adalah usaha produktif dengan aset kurang dari 50-500 juta dengan omset maksimal 300-2,5 milyar

Usaha Menengah

Usaha menengah adalah usaha produktif dengan aset kurang dari 500-2,5 milyardengan omset maksimal 2,5-50 milyar rupiah

Contoh ide bisnis UKM yang berpotensi kuat bersaing dan cepat untuk berkembang




1. Fashion

Mengapa harus memilih fashion sebagia ide bisnis UKM ?? karena memang bisnis fashion memiliki power yang sangat kuat untuk memulai usaha bisnis UKM anda.
Hal ini terjadi karena semakin banyak fashion dan lifestyle terbaru yang mampu menjaring customer. fashion memang produk terlaris dan memiliki konsumen terbanyak sedunia dibanding produk lainnya. 
Semakin berkembangnya ilmu dan teknologi,maka akan semakin cepat pula fashion mengikuti arus. Jadi bisa kita simpulkan bahwa fashion adalah ide bisnis terbaik untuk memulai UKM.

2. Lipstik Dan Perawatan Wajah

Lipstik dan perawan wajah masih menjadi idola bagi kalangan wanita untuk mempercantik diri agar terlihat lebih beauty saat berpergian atau pun menghadiri acara. Untuk bisa memulai memasarkan lipstik atau produk,kita diharuskan paham akan letak dimana produk tersebut banyak diminati. 
Salah satu contoh target yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mempromosikan melalui Facebook.

Karena facebook masih menjadi media sosial berpengguna terbanyak sedunia. Jadi kita akan memanfaatkan facebook sebagai media untuk mempromosikan lipstik dan perawatan wajah. 

3. Kuliner 

Kuliner masih menjadi idola pada saat ini,ditambah ada berbagai masakan yang semakin hari semakin fenomenal dan viral.
Makanan yang berpotensi memiliki konsumen terbanyak adalah KULINER KHAS DAERAH. 
Mengapa harus memilih kuliner khas daerah ? Karena memang makanan atau kuliner khas daerah sangat jarang kita temui. Saya berfikir,memulai usaha mikro,kecil dan menengah dengan cara memulai bisnis kuliner khas daerah bisa menjadi alternatif.


4. Perlengkapan Bayi

Memulai usaha mikro,kecil dan menengah selanjutnya adalah dengan cara memulai bisnis PERLENGKAPAN BAYI.
Hal ini terjadi karena banyak sekali kebutuhan bagi bayi yang semakin hari semakin meningkat. Contohnya pakaian trendy bayi,sepatu bayi hingga aksesoris untuk bayi. 


Tips Memulai Bisnis UKM Agar Mampu Bersaing Dan Cepat Berkembang


Bagaimana sih cara mempromosikan produk yang kita jual tanpa bayar alias gratis ??? 

 Cara memulai usaha mikro,kecil dan menengah yang bisa anda coba adalah dengan cara mempromosikan lewat online. Kita gunakan media sosial sebagai alat atau tools untuk mempromosikan produk atau barang yang kita jual tanpa harus membayar. 
Untuk mempromosikan produk melalui media sosial,saya menyarankan menggunakan facebook,instagram dan twitter.

Mengapa harus memilih facebook,instagram dan twitter sebagai media untuk mempromosikan produk atau barang yang kita jual ??


Karena bagi saya pribadi,3 aplikasi media sosial (facebook,instagram dan twitter) sangat relevan untuk mempromosikan produk anda. Selain berpengguna terbanyak,facebook,instagram dan twitter juga gratis tidak di pungut biaya apapun ketika anda memposting barang atau produk jualan anda disana. 


Posting Komentar untuk "4 Tips Dan Ide Kiat Sukses Memulai Membangun UKM Agar Mampu Bersaing"

X
Berlangganan

Dapatkan pemberitahuan melalui email setiap ada artikel baru. Gratis!

close